PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Ikatan Pelajar Mahasiswa Kecamatan Pelalawan (IPM-KP) meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Pelalawan, melalui dinas terkait untuk serius menindak lanjuti nasib nelayan yang berada di sepanjang aliran Sungai Kampar di Kecamatan Pelalawan.

"Kami harap, Badan Lingkungan Hidup (BLH) serta Dinas Perikanan dan Kelautan Pelalawan memperhatikan nelayan di tepian Sungai Kampar," tegas Sekretaris IPM-KP, Zakaria Zuniarto, Sabtu (16/5/2015), terkait keluhan nelayan, sebagai imbas dari matinya ribuan ikan di Sungai Kampar akhir tahun lalu.

Menurutnya, pasca matinya ribuan ikan di Sungai Kampar belum ada tindakan apapun dari BLH maupun Dinas Perikanan dan Kelautan Pelalawan. Belum ada upaya perbaikan ekosistem sungai oleh dinas terkait

"Ini harus ada perbaikan ekosistem sungai. Setidaknya ada penaburan benih bibit ikan di sungai," ujar Zakaria.

Ditegaskan Zakaria lagi, yang paling mendesak saat ini adalah, Pemda Pelalawan melalui dinas terkait harus mengambil langkah cepat guna menyelamatkan nasib para nelayan tangkap ikan Sungai Kampar.

"Sebagian besar masyarakat kita, mengantungkan hidupnya sebagai nelayan tangkap di Sungai Kampar. Jangan dibiarkan kondisi ini berlarut-larut," tutup Zakaria.(***)