SELATPANJANG - Dewan Kesenian Meranti (DKM) menggelar rapat bersama, pengurus dan anggota, di Selatpanjang, Kamis (18/1/2018). Salah satu yang menjadi sorotan saat itu adalah, keaktivan pengurus.

Rapat dipimpin langsung Ketua Umum DKM, Edy Afrizal. Hadir juga beberapa pengurus seperti Berty Asmara, Jefry Hidayat, Raden Ulun Permadi Salis, Rudi Riza, Ike, dan beberapa lainnya.

Edy Afrizal dalam sambutannya mengatakan, saat pelantikan nanti tidak hanya sebatas seremoni. Tetapi langsung diadakan rapat kerja sekaligus perbaikan AD/ART.

"Agar kita bisa melakukan kerja sesuai alur," ujar Edy.

Dalam rapat, sempat disinggung masalah keaktivan pengurus DKM. Disampaikan peserta rapat, ada pengurus yang sangat susah dijumpai dan diajak berkumpul membahas DKM. Sempat diusulkan oleh peserta rapat, bagi pengurus yang tidak aktiv agar digantikan saja (dengan yang lain, red).

Terkait hal itu, Edy Afrizal akan segera menindaklanjuti.

Diharapkan bersama, orang-orang yang ada di DKM mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi. Guna memajukan seni di Kepulauan Meranti. "Kita berorganisasi jangan ditanyakan akan dapat apa. Tapi berbuatlah yang terbaik untuk memajukan kesenian daerah ini. Untuk itu diperlukan orang-orang yang memang mempunyai semangat dan motivasi," kata Edy.

Selain itu, DKM juga mendata seluruh seniman-seniman yang tersebar di Kepulauan Meranti. Hasil-hasil karya para seniman akan diwadahi untuk ditampilkan dan dijadikan aset. Sehingga, hasil karya para seniman tidak mudah dicaplok pihak-pihak tak bertanggungjawab.

"Bupati berpesan, acara jangan asal jadi. Tapi harus dikemas dan ditata dengan baik," ujarnya.

Disampaikan laki-laki yang akrab dipanggil Panglime Edy ini lagi, DKM tidak terkungkung dengan kesenian melayu saja. Sebab, dengan masyarakat yang heterogen, Kepulauan Meranti tentu punya banyak kesenian dari etnis lainnya.

Namun demikian, apa yang diperbuat tidak pula terlepas dari nilai-nilai kemelayuan. "Kita tidak akan terkungkung dengan kesenian tradisional melayu saja. DKM wadah untuk semua etnis," kata Edy. ***