PANGKALANKERINCI - Sebanyak 80 mahasiswa berhasil mendapatkan beasiswa pendidikan untuk jenjang perguruan tinggi dari program Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa yang kurang mampu dari segi perekonomian keluarganya namun berprestasi dan berada di sekitar wilayah operasional PT RAPP di lima kabupaten, yakni Kabupaten Pelalawan, Siak, Kampar, Kepulauan Meranti dan Kuantan Singingi.

Pemberian beasiswa dilakukan Selasa, (12/12/2017) di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) Town Site 2, Pangkalan Kerinci dan diserahkan langsung mewakili Kepala Bidang Pendidikan, Mahnijar.

Ia mengatakan pemberian beasiswa dari RAPP merupakan bentuk dukungan terhadap pendidikan. Mahnijar apresiasi dengan perusahaan atas partisipasinya untuk memajukan pendidikan dan hal tersebut merupakan investasi demi mewujudkan generasi berdaya saing tinggi.

''Kita harus memberikan dukungan kepada para penerus bangsa, semua anak mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Program RAPP memberikan beasiswa kepada mahasiswa di 5 Provinsi Riau. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan RAPP kepada dunia pendidikan di Riau,'' tuturnya.

Head Empowerment RAPP, Sundari Berlian mengatakan program beasiswa ini merupakan wujud komitmen perusahaan terhadap masyarakat terutama di dunia pendidikan di Riau. Beasiswa ini harus dimanfaatkan oleh mahasiwa sebagai motivasi untuk meningkatkan prestasi, sehingga bisa menjadi lebih giat dalam belajar untuk mencapai cita-citanya dimasa yang akan datang.

''Ini kesempatan yang tidak serta merta didapatkan secara cuma-cuma, jangan sampai disia-siakan nikmat ini dan kita berharap adik-adik bisa memanfaatkannya dengan baik, dengan belajar lebih giat karena kita akan evaluasi tiap semester nilainya,'' ujarnya.

Sundari menambahkan proses seleksi program beasiswa ini bekerjasama dengan himpunan mahasiswa masing-masing daerah. Calon penerima diseleksi secara administratif, seperti memperlihatkan surat keterangan tidak mampu dari Kepala Desa. Kemudian, tim CD RAPP, akan melakukan  survei dan wawancara dengan orang tua yang bersangkutan.

Penerima beasiswa, Al Atthori (20), mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Riau, asal Desa Kuntu, kabupaten Kampar Kiri, mengaku bahagia dengan beasiswa ini. Semula ia sempat khawatir tidak dapat menyelesaikan studinya karena keterbatasan biaya. Akan tetapi, berkat kegigihannya, ia berhasil meraih beasiswa tersebut dan dapat meringankan beban orang tua.

''Ayah bekerja sebagai kuli bangunan, saya sangat bangga dan bahagia bisa memperoleh beasiswa ini terutama bisa meringankan beban ayah. Rencana beasiswa ini akan saya gunakan untuk bayar kuliah dan membeli laptop, terus ditabung,'' ujarnya.

Untuk program kali ini, CD RAPP bekerjasama dengan sejumlah Universitas di 5 Kabupaten, antara lain, Universitas Riau (UNRI), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Universitas Lancang Kuning (Unilak), Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P), Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Bengkalis, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), Universitas Kuantan Singingi (Uniks) dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI). (rls)