PANGKALANKERINCI - Saat ini, hampir seluruh desa yang ada di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, telah memiliki Pos Kesehatan Desa (Poskesdes). Ada cara tersendiri bagi desa yang belum memiliki Poskesdes.

"Hampir setiap desa memiliki Poskesdes, bahkan ada desa yang memiliki lebih dari satu Poskesdes," sebut Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, dr Endid RP kepada GoRiau.com (GoNews Group), Senin (20/2/2017).

Disebutkan Endid lagi, saat ini jumlah puskesdes yang ada di Kabupaten Pelalawan mencapai seratusan lebih. "Sekarang jumlahnya lebih dari seratusan," katanya.

Endit menjelaskan, meski begitu ada desa yang lokasinya tidak bisa dibangun Poskesdes. Dengan kondisi ini, Diskes Pelalawan mengambil inisiatif dengan menempatkan Poskesdes berjalan (Ambulance).

"Yang lokasinya tidak bisa dibangun Puskesdes, maka kita tempatkan Poskesdes berjalan atau ambulance," terangnya.

Menurut Endit, Poskesdes berjalan tersebut dilengkapi dengan seorang petugas kesehatan yang siap melayani masyarakat.

"Untuk satu mobil, ada seorang petugas kesehatan dengan didukung alat standar ambulance dan obat," jelasnya.

Baca Juga: Pertama di Riau, Puskesmas Ukui Terakreditasi dengan Status Binta Empat

Baca Juga: Kaus DBD, Masih Mengancam Warga Pelalawan

Diungkapkannya, setidaknya ada dua desa yang tidak memiliki Poskesdes sehingga ditempatkan Poskesdes berjalan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat desa.

"Dusun Toro Desa Lubuk Kembang Bunga dan Dusun Sungai Medang, dua desa ini tidak memiliki Poskesdes sehingga diturunkan mobil pelayanan kesehatan," pungkasnya.*** #PELALAWAN