RENGAT - Guna mempercepat pelayanan terhadap masyarakat dalam hal non pidana, Kepala Desa Sencano Jaya Kecamatan Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu Riau, secara sukarela menghibahkan tanah untuk pembangunan Rukan (Rumah dan Kantor) Babinkamtibmas di daerah itu.

Tidak itu saja, untuk mewujudkan pembangunan Rukan Babinkamtibmas tersebut, warga juga rela secara swadaya membantu biaya pembangunannya. Hal ini merupakan Rukan Bhabinkamtibmas pertama, dan patut dijadikan contoh oleh desa-desa lain yang ada di Inhu.

"Kalau tanah untuk Rukan ini merupakan hibah dari Kadesa Sencano Jaya. Untuk pembangunan, adalah hasil swadaya warga tiga desa, yakni Desa Punti Kayu, Sencano Jaya dan Sungai Aur," kata Kapolres Inhu melalui Brigadir Edi Chandra selaku Bhabinkamtibmas tiga desa itu, Kamis (19/10/2017).

Dikatakan Edi, pembangunan Rukan ini merupakan keputusan rapat kepala desa dan perwakilan warga tiga desa serta tokoh masyarakat setempat yang digelar pada 17 April 2017 lalu di Kantor KUD Bukit Makmur Desa Sencano Jaya.

Tidak menunggu lama, tepat pada 24 April 2017, para tetua desa tersebut meminta Kapolsek AKP Anisman untuk melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Rukan.

Dengan swadaya dan gotong royong warga bersama Bhabinkamtibmas, kini bangunan Rukan berukuran 6x8 meter tersebut sudah berdiri kokoh, dan tinggal finising sebelum difungsikan.

"Bangunan tersebut dibangun dengan konstruksi beton dan atap seng yang terletak di Dusun 1 Desa Sencano Jaya. Hal ini merupakan bangunan Rukan pertama yang ada di Inhu," tuturnya.

Atas semua ini, atas nama pribadi institusi Kepolisian Resort Inhu, dirinya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada kepala desa dan warga serta para tokoh agama, adat dan pemuda yang ada di tiga desa tersebut.

"Ini merupakan hadiah spesial dan terindah yang telah diberikan masyarakat untuk saya dalam menjalankan tugas sebagai Bhabinkamtibmas. Semoga kedepan, saya bisa lebih banyak dan aktif dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat," pungkasnya.(Jef)