BENGKALIS - Kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di wilayah hukum Polres Bengkalis, akhir-akhir ini memang tak dapat dielakkan. Apalagi faktor terjadinya akibat cuaca yang panas atau biasa disebut musim kemarau.

Sebagai bentuk komitmen Polres Bengkalis dalam meminimalisir terjadinya karlahut ini digelar apel Siaga penanggulangan bencana karlahut, di halaman Mapolres Bengkalis, Kamis (3/8/2017) pagi.

Apel siaga Penanggulangan Karlahut yang di pimpin Langsung oleh Waka Polres Bengkalis, Kompol Taufiq Hidayat SIK ini juga melibatkan, Dandim 0303 Bengkalis, Satpol PP Bengkalis, BNPB Bengkalis dan Damkar Kabupaten Bengkalis.

"Titik hotspot yang ada di wilayah Polres Bengkalis meningkat dibandingkan tahun lalu. Untuk menghindari terjadinya kebakaran lahan atau meluasnya kebakaran lahan, seluruh personil Polres Bengkalis disiagakan. Ini komitmen kita bersama dengan seluruh instansi terkait," kata Kompol Taufiq Hidayat.

Menurutnya, kejadian karlahut tidak mengenal batasan dan penyelesaiannya tidak bisa dilakukan secara parsial namun harus melalui koordinasi dari semua stake holder terkait, apel ini juga sangat diperlukan agar semua pihak dapat berbuat secara maksimal.

"Kita harus melakukan tindakan preemtif, preventif dalam pencegahan kebakaran lahan dan hutan. Saling bersinergi dalam memadamkan api apabila terjadi kebakaran lahan dan hutan. Melakukan penindakan hukum bagi yang terbukti melakukan pembakaran baik perorangan maupun korporasi dan melakukan pengawasan secara menyeluruh daerah yang rawan kebakaran lahan dan hutan," ujar Kompol Taufiq.

Setelah pelaksaan apel penanggulangan karlahut, Waka Polres dan seluruh jajaran yang turut berpartisipasi dalam penanggulangan karhutla tersebut langsung melaksanakan pengecekkan Perlengkapan Karhutla.***