PANGKALANKERINCI - Meningkatkan pemahaman dan kompetensi para pelaku usaha yang ada di Provinsi Riau, Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang bekerja sama dengan Tanoto Foundation menggelar pelatihan peningkatan kapasitas mitra bina kemitraan usaha kepada 32 pelaku usaha mitra dampingan program Small Medium Enterprise (SME) yang ada di 5 Kabupaten se-Provinsi Riau yakni Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Kabupaten Siak, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Kampar.

Pelatihan ini berlangsung di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) Town Site 2 Pangkalan kerinci, Selasa (21/11).

Mitra Bina CD RAPP, Robi Cahyadi (36) yang memiliki PT Robi Besaudara mengatakan sangat tertarik mengikuti pelatihan ini. Warga yang memiliki usaha transportasi dan penyalur tenaga kerja di Kabupaten Siak ini antusias.

''Pelatihan ini sangat bagus dan sangat baik buat kami karena kami bisa tahu komunikasi dan interaksi yang baik kepada mitra itu seperti apa,'' ujarnya.

Ia berharap bahwa peluang usaha yang ada dapat diberikan kepada pengusaha lokal agar pengusaha lokal menjadi lebih sejahtera sehingga kehadiran perusahaan sangat mendukung ekonomi masyarakat.

Genaral Manager Community Development and Community Forestry RAPP, Marzum mengatakan bahwa pelatihan ini sebagai upaya perusahaan untuk meningkatkan kinerja mitra bina di bidang perencanaan bisnis.

'Perencanaan itu penting sekali. Semoga melalui workshop ini, segala hambatan dalam berwirausaha bisa didiskusikan, sehingga antara masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi. Kami juga ingin para peserta disini mampu menjadi contoh bagi para wirausahawan lain. Kita sangat senang untuk terus membantu pengusaha mikro,'' tutupnya. (rls)