PELALAWAN - Tuntutan masyarakat Dusun Muara Sako, Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau akhirnya direalisasikan oleh PT Energi Mega Persada (EMP) Bentu Ltd.

Jaringan listrik yang diimpikan oleh lebih kurang 50 Kepala Keluarga (KK), kini telah terpasang dan teraliri arus Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Melalui proses perjuangan panjang dan dimediasi oleh gabungan komisi di DPRD Pelalawan, yang menjadi keinginan masyarakat Dusun Muara Sako akhirnya dapat terwujud.

Pada pertengahan bulan Agustus 2017 lalu, DPRD Pelalawan mengundang manajemen PT EMP dan masyarakat Dusun Muara Sako untuk melakukan rapat dengar pendapat (RDP).

Hasil pertemuan yang dimediasi oleh wakil rakyat, diperoleh kesimpulan perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan ini akan menyanggupi tuntutan masyarakat untuk memasang jaringan listrik di Dusun Muara Sako.

Mulai dari pemasangan tiang, jaringan kabel, travo hingga terkoneksi listrik PLN, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) nya.

Management perusahaan, Communication Manager PT EMP Bentu Ltd, Amruh Mahali yang hadir pada RDP meminta waktu paling lama 6 bulan setelah pertemuan di gedung DPRD waktu itu. Terbukti, apa yang dijanjikan perusahaan terealisasi.

Kamis (20/4/2018), GoRiau.com mencoba bertandang untuk melihat langsung jaringan listrik yang telah terpasang di Dusun Muara Sako.

Warga setempat, Zainal dan Rifai mengungkapkan jika di kampungnya telah teraliri oleh listrik. "Sudah tiga hari ini listrik menyala," ungkap keduanya.

Namun untuk ke rumah-rumah masyarakat, menurut mereka, masih harus menunggu meteran dan ada beberapa rumah warga lagi yang belum terpasang instalasi, dalam proses pemasangan.

"Tinggal nunggu meteran, masih berjalan pemasangan instalasi. Tapi untuk lampu di jalan sudah hidup. Listrik masuk, warga sudah senang karena memang menjadi impian selama ini," tutur Zainal, diiyakan Rifai.

Manager Rayon PLN Pangkalan Kerinci, Aan Jefry saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya sudah mengoneksikan jaringan listrik Dusun Muaro Sako."Sudah dilakukan uji coba, dapat dipastikan teraliri 24 Jam dan tidak bermasalah," terangnya.***