SELATPANJANG - Sehari pasca kejadian, korban kebakaran rumah di Jalan Masjid Desa Padang Kamal, Pulau Merbau, Riau, menerima bantuan. Bantuan itu berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Meranti.

Bantuan itu diserahkan langsung Pj Kalaksa BPBD M Edy Afrizal kepada keluarga korban. Saat penyerahan, Edy didampingi beberapa staf nya. Hadir juga dari pihak kepolisian dan wakil rakyat.

"Bantuan itu kita serahkan Minggu sore," kata M Edy Afrizal.

Sebelumnya, Jumat (20/10/2017) siang BPBD Kepulauan Meranti juga menyerahkan bantuan serupa ke korban kebakaran rumah di Desa Alai Selatan. Saat itu, penyerahan bantuan berbarengan dengan BAZNas. Keluarga korban kebakaran di Alai Selatan itu mendapat bantuan material untuk pembangunan rumah.

Kebakaran yang dialami Ilyas Bin Mispan (40) warga Jalan Masjid Desa Padang Kamal terjadi, Sabtu (21/10/2017). Kebakaran sekira pukul 16.00 WIB itu telah menghanguskan bangunan rumah Ilyas beserta isi. Tak ada harta benda yang berhasil diselamatkan lantaran saat kejadian rumah dalam keadaan kosong.

Kebakaran pertama kali diketahui Siti Nahari (47), saudara kandung korban. Saat itu saksi Siti Nahari berada di belakang rumah (tepatnya sebelah rumah TKP) melihat api sudah berada di atap yang terbuat dari daun rumbia. Sementara api di bagian dapur rumah sudah mulai membesar.

Melihat kejadian tersebut, Siti Nahari memangil Dasuka. Lalu Dasuka memanggil masyarakat kemudian membantu memadamkan api. Awal kejadian, keluarga Ilyas sedang menonton final bola voli.

"Diduga api berasal dari tungku (api) pemilik rumah yang lupa dimatikan setelah memasak," kata Kapolres AKBP La Ode Proyek SH melalui Kapolsek Tebingtinggi Barat Ipda Aguslan.

"Tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang dialami ditaksir lebih kurang Rp50 juta," tambah Aguslan. ***