PEKANBARU - Ratusan personel Polresta Pekanbaru, Riau dan seluruh Kapolsek, mendadak diperiksa anggota Propam dari Mabes Polri dan Polda Riau, usai menggelar Apel di halaman belakang Mako Polresta Pekanbaru, Senin (16/7/2018) sore.

pel yang harusnya untuk pelaksanaan pengamanan penetapan pilkada Gubernur Riau tersebut mendadak berubah menjadi Apel pemeriksaan anggota, yang dipimpin langsung oleh Kabag Gatibplin Divisi Propam Mabes Polri Kombes Agung Setiatno, didampingi Kabid Propam Polda Riau.

"Kita tidak tahu, tadi Apel untuk pelaksanaan pengamanan penetapan Pilkada gubernur. Jadi ini memang mendadak tanpa ada pemberitahuan sebelumnya," ungkap Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto.

Bahkan Susanto pun tak luput diperiksa, dan langsung dilakukan oleh Kabid Propam Polda Riau, Kombes Agus. Ia diperiksa kelengkapan identitas, mulai dari KTA dan lain sebagainya. Hasilnya, tak ditemukan pelanggaran.

Tak sampai disitu saja, pemeriksaan berikutnya adalah tes urine, bertempat di ruang Kiambang Mapolresta Pekanbaru. Seluruh personel, mulai dari Kapolresta, Kabag, Kasat hingga para Kapolsek tak luput dalam tes urine.

Pemeriksaan urine ini dijaga ketat oleh Provost, untuk mencegah adanya kecurangan. "Tujuannya memberikan keyakinan bahwa pemeriksaan fair sesuai ketentuan, menghindari penyalahgunaan Narkoba," yakin dia.

Kombes Susanto melanjutkan, ada sekitar 724 personel yang menjalani pemeriksaan tersebut. Hingga berita ini diturunkan, proses tes urine masih berlangsung, sehingga belum diketahui hasilnya, berapa banyak yang dinyatakan positif.

Terpisah, Kabag Gatibplin Divisi Propam Mabes Polri Kombes Agung Setiatno menegaskan, ini dilakukan secara bertahap diseluruh Polda di Indonesia. Dipastikannya, hasil tes urine yang positif nantinya dibawa ke Mabes Polri untuk dicek lebih lanjut, guna memastikan apakah benar positif narkoba atau efek dari mengkonsumsi obat penyembuh. ***