PEKANBARU - Objek wisata terbaru hadir dari Pulau Birandang, Kabupaten Kampar, Pekanbaru, yang disebut pulau 1.000 janji. Pemandangan pasir putih yang terhampar di sepanjang dasar sungai dan tepiannya sangat memukau, sehingga cocok menjadi spot photo instragamable.

Tidak sulit untuk dijangkau, pulau 1.000 Janji ini berjarak kurang lebih 30 KM saja dari Pekanbaru, dan dapat ditempuh hanya dengan waktu sekitar 30 menit. Sehingga, objek wisata ini bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi waktu libur bersama sahabat, pasangan bahkan keluarga.

Tokoh Pemuda Pulau Birandang, Tomas Naldo Abira kepada wartawan menuturkan, pulau 1.000 Janji sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat lokal, salah satunya adalah sebagai lokasi 'balimau kasai' yang menjadi ritual tahunan di pulau ini.

"Ratusan masyarakat berbondong - bondong mendatangi Pulau 1.000 Janji, sekadar merayakan ritual tahunan 'balimau kasai' sebelum memasuki bulan suci Ramadhan," ujarnya, Minggu, (13/5/2018).

Tomas juga mengungkapkan, pulau 1.000 Janji telah merupakan aset Desa Pulau Birandang, dengan nilai jual wisatanya disebut setara dengan objek wisata lain yang tengah naik daun di Kampar. Hal ini tak lepas dari lokasinya yang strategis, terutama jika dua ruas jalan Pekanbaru - Danau Bingkuang telah diselesaikan.

"Sebut saja Pulau Cinta di Teratak Buluh, Sungai Hijau di Salo dan Ulu Kasok di IIIV Koto Kampar bisa disejajarkan dengan Pulau 1.000 janji. Kita menang di lokasi yang bisa ditempuh dalam waktu singkat dari Kota Pekanbaru. Apalagi kalau jalur dua ruas jalan Pekanbaru - Danau Bingkuang jadi, menjadikan spot wisata Pulau 1.000 janji semakin strategis," ungkapnya.

Bagi masyarakat yang tertarik mengunjungi pulau ini di Desa Pulau Birandang, Tomas juga menghimbau agar masyarakat tidak melewatkan objke wisata lainnya yang ada didaerah tersebut. Diantaranya, Jembatan irigasi gantung, Danau Simbat, dan beberapa spot di Pulau Birandang yang tampak seperti 'permadani hijau' di persawahan.

"Bukan hanya pulau 1.000 Janji, ada juga Jembatan irigasi gantung dengan view sekelilingnya persawahan masyarakat, dan Danau Simbat, merupakan aset desa yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat tujuan wisata yang bernilai jual, " tutupnya. 

Sementara itu, ditambahkan Pemerhati Pariwisata asal Kota Pekanbaru,  Hardi Pramadya Utama mengatakan, suasana asri Pulau Birandang memberi kesan pemandangan desa yang sejuk dan damai, dengan pohon - pohon besar dan suasana persawahan menjadikan desa ini bisa menjadi alternatif warga kota untuk menghabiskan liburan akhir pekannya. 

"Kita berharap pemerintah setempat khususnya Desa Pulau Birandang bisa segera melirik potensi ini. Jika kawasan Pulau 1.000 janji dikelola dengan baik, pasti bisa memberikan pendapatan lebih untuk masyarakat lokal dan desanya, " jelas pria yang sehari - hari eksekutif di bank milik BUMN ini. (rls)