DURI - Bunga anggrek buka hanya cantik, tapi juga bisa memberikan rezeki besar bagi mereka yang memiliki hobi merawat anggrek dan menjadikannya bisnis tanaman hias anggrek. Seperti yang tengah dijalani Bisma, Ibu Rumah Tangga di Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Baca Juga: Yuk Intip Harga Pembuatan SIM

Mantan Dosen disalah satu Universitas di Riau ini menamakan usahanya tersebut dengan Sumaba Anggrek yang beralamat sama dengan tempat tinggalnya sehari-hari bersama Suami dan 3 orang anaknya di Jalan Tribrata nomor 128 atau di depan Ani Pelaminan, Kelurahan Duri Barat.

Menurutnya, Indonesia memiliki banyak sekali jenis tanaman anggrek. Berdasarkan data ada sekitar 5.000 spesies anggrek yang terdaftar. Diantaranya yang banyak disukai masyarakat adalah jenis dendrobium, phalaenopsis dan vanda.

"Kalau yang ada dihalaman kita ini sangat banyak jenisnya. Panjang jika dijelaskan satu persatu, tetapi mereka yang senang dengan anggrek biasanya langsung datang untuk melihat dan membeli koleksi anggrek yang kita punya," ujar Bisma kepada GoRiau.com (GoNews Grup).

Baca Juga: Pantai Desa Sepahat Mulai Dilirik

Bisma tidak memungkiri, pemasukan dan berbisnis anggrek ini memang luar biasa. Daya serap masyarakat sangat tinggi untuk memiliki tanaman hias anggrek.

Sumaba Anggrek ini juga sudah memiliki cabang di Jalan Kelapa Sawit, Harapan Raya, Pekanbaru karena banyaknya permintaan atau pesanan anggrek yang berasal dari Pekanbaru dan sekitarnya.

"Bahkan ada peminat anggrek kita dari luar daerah. Anggrek dari halaman Sumaba ini juga kita promosikan melalui akun facebook Sumaba Anggrek dan HP/WA 081261415000," beber Bisma lagi.

Kepada setiap pembeli anggrek, Bisma juga memberikan berbagai cara atau trik budidaya tanaman anggrek yang baik agar bunganya menjadi sangat indah dan menawan.

"Ada beberapa cara budidaya agar anggrek dapat menjadi lebih indah dan menawan. Diantaranya adalah dengan memberikan kebutuhan intensitas cahaya yang sesuai. Kemudian perhatikan pula kebutuhan ahir dan udara untuk tanaman anggrek ini. Dan terakhir jangan lupa untuk memberikan perawatan dan pemupukan pada tanaman anggrek secara teratur," tutupnya.*** #BENGKALIS