PEKANBARU - Marching Band Bahana Cendana Kartika (MB BCK) Riau Unit Duri kembali mengharumkan nama Riau dalam kejuaraan Winter Guard International (WGI) Indonesia Championship yang berlangsung di Jakarta, 18 -19 November 2017. Tim yang terdiri dari 77 siswa SMP dan SMA Cendana Duri ini merupakan satu-satunya peserta Indonesia dari luar Pulau Jawa. Mereka bersaing dengan 17 grup marching band lainnya dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Dari tiga cabang yang dipertandingkan (color guard, brass, dan perkusi), MB BCK berhasil menyabet tempat pertama dalam semua cabang yang diikutinya, yaitu Color Guard divisi Sekolah, Brass divisi Independen (gabungan dari divisi Sekolah dan Independen) dan Perkusi divisi Sekolah. Dengan penampilannya yang memukau, mereka berhasil membawa pulang tiga medali emas, lima piala tetap WGI Indonesia, dan dua piala bergilir Menpora.

Penyerahan medali, piala WGI dan piala Menpora dilakukan oleh Director - WGI Indonesia, Tri Basuki, CEO - Grand Prix Marching Band (GPMB) Indonesia, Lisa Ayodhia, dan wakil-wakil WGI USA. Kevin Shah dan Don Click, kepada wakil tim Color Guard, Perkusi dan Brass MB BCK Duri.

''Kami melakukan persiapan sejak Juni lalu. Mulai bulan Juli lalu, selain latihan reguler, kami juga melakukan pelatihan intensif dua minggu sekali pada akhir pekan. Sesi pelatihan diberikan oleh para pelatih BCK Duri yang sehari-harinya juga bertugas sebagai guru Cendana Duri,'' kata Ketua Pembina MB BCK Duri, Andi Cakra Marzuki, yang sehari-hari bertugas di Duri sebagai Team Manager - IT UTC Surface Application & Data Management ''Oleh karena itu kami sangat bangga dan bahagia ketika kerja keras, disiplin dan kreativitas tim MB BCK Duri membuahkan hasil yang sangat memuaskan,'' tambahnya.

''Kami akan berlatih lebih giat dan bersemangat untuk menyuguhkan penampilan yang lebih baik di masa-masa yang akan datang.'' 

WGI adalah ajang kompetisi indoor marching band ternama yang mempertandingkan cabang Color Guard, Brass dan Perkusi. Dengan kantor pusat di Dayton, Ohio, AS, WGI menyelenggarakan pertandingan di berbagai belahan dunia, termasuk Asia. Semua pertandingan WGI dinilai langsung oleh panitia WGI yang didatangkan dari kantor pusatnya di Amerika. Saat ini, WGI Asia sudah memiliki jadwal tahunan pelaksanaan di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Adapun Jepang, Filipina dan Taiwan akan bergabung sebagai tuan rumah pelaksana WGI Asia pada tahun 2018.

''BCK Duri, yang merupakan salah satu marching band kebanggan Riau, selalu menampilkan standar penampilan yang tinggi dan menjadi trendsetter di setiap turnamen yang diikutinya,'' kata Vice President - Sumatra Operations, Nurhasan, yang juga Ketua Umum MB BCK Riau. ''Kami akan terus giat berusaha dan berkreasi agar MB BCK dapat terus berprestasi untuk Riau dan Indonesia.'' (rls)