PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pelalawan belum juga bisa memastikan kapan hasil uji Laboratorium air Sungai Kampar akan diexpose. Padahal uji laboratorium telah dilakukan sejak dua minggu lalu.

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pelalawan melalui Kabid Pengawasan dan Penegakan Hukum BLH Pelalawan, Dewi Handayani, SH, Senin (29/12/2014) tim pakar dari Universitas Riau, Dr Windarti, yang direncanakan akan memaparkan hasil lab itu masih cuti natal.

Dikatakan Dewi, pada hari ini pihaknya telah mengambil hasil sampel air Sungai Kampar di lab yang berada di Pekanbaru.

"Nantinya, hasil sampel yang kami kirim itu dengan hasil sampel ikan yang dikirim Dinas Perikanan akan kami berikan pada pakarnya," katanya.

Jadi, lanjut Dewi, nanti pakar tersebut yang mengexpose hasil dari lab itu, apakah ikan yang mati mengandung limbah atau tidak.

"Rencananya hari ini, akan diexpose hasil lab itu oleh pakar dari Universitas Riau. Namun karena pakar tersebut sekarang tengah mengambil cuti natal dan tahun baru, maka kemungkinan baru minggu depan exspose hasil lab itu bisa diumumkan ke publik," ujarnya.

Dewi menambahkan, sampel tersebut sudah tertutup, bahkan para mahasiswa juga turut mendampingi dalam pengambilan sampel air hasil uji lab di Pekanbaru.(***)