BANDA ACEH - Sebanyak 20 ton bantuan kemanusiaan untuk muslim Rohingya diterbangkan ke Yangon, Ibu Kota Myanmar siang ini dari Lanud Sultan Iskandar Muda SIM), Blangbintang, Aceh Besar, Aceh, Kamis (21/9/2017). Bantuan ini merupakan yang merupakan taahp kesembilan dan kesepuluh dengan menggunakan dua pesawat Hercules A-1316 dan A-1319.

Bantuan kemanusiaan kali ini terdiri atas 5 ton makanan siap saji bagi ibu hamil dan balita, 7.000 sarung, 20 tenda pengungsi, 1 ton alat-alat kesehatan dan obat-obatan serta water treatment untuk penjernih air.

Sebelumnya, total 74 ton bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia telah diantar ke Bandara Shah Amanat Chittagong, Bangladesh dalam sorti-sorti (tahap) penerbangan lalu yang telah diterima Duta Besar Republik Indonesia untuk Bangladesh Rina Soemarno yang kemudian diserahkan kepada perwakilan pemerintahan Bangladesh.

Kali ini, bantuan kemanusiaan ini langsung dikirimkan ke Yangon yang diperkirakan tiba di sana pada pukul 14.06 WIB dan 14.55 WIB. Turut serta dalam penerbangan tersebut Kadisopslatau Marsma TNI Nanang Santoso selaku Dansatgas Civic Mission Indonesia.