PEKANBARU - Dinas Pariwisata Provinsi Riau kembali menggelar Grand Final Bujang dan Dara Riau tahun 2018. Iven ini merupakan upaya melahirkan sumber daya manusia dibidang pariwisata yang dilaksanakan pada Jumat (10/8/2018) di Ska Co Ex, jalan Soekarno-Hatta Pekanbaru.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi, Riau Fahmizal Usman, memaparkan, kegiatan ini bukan hanya acara seremonial belaka, namun upaya mengedukasi para generasi muda untuk menjadi Duta Pariwisata Riau, yang bertugas menjadi marketing dan mempromosikan pariwisata khususnya di Riau.

"Bujang Dara Riau berperan sebagai duta pariwisata. Mereka harus mengerti tentang pemahaman pariwisata yang berpedoman pada budaya melayu. Diharapkan pemenang Bujang Dara Riau tahun 2018 ini bisa menjadi tauladan yang baik sehingga bisa membantu mempromosikan sektor pariwisata di Indonesia dan Riau khususnya," kata Kadispar Riau, yang bisa kerab disapa dengan panggilan Fahmi.

Dimana dalam malam Grand Final Bujang Dara Riau 2018, Habib Hamidi dan Bimbi Ashika terpilih sebagai Bujang dan Dara Riau tahun 2018. 

Habib Hamidi dan Bimbi Ashika dinilai cakap dan berhasil menjawab semua pertanyaan serta berhasil tampil memukau di depan dewan juri. Pada Malam Grand Final Pemilihan Bujang dan Dara Riau 2018 itu juga diumumkan pemenang Bujang Dara ke dua, yang diraih Muhazir Arief dari jalur umum dan Jeni Rahmadial fitri yang juga dari Jalur umum.

Sementara untuk kategori pemenang ke 3 Bujang Dara Riau 2018 adalah, Dara Sri Astuti dari Kepulan Meranti dan Bujang Alfian Riski dari Kuansing.

"Tahun ini kita ambil tema sebatang 'Indragiri Negeri Para Raja. Ini adalah bentuk edukasi sejarah melayu, bukan hanya sekedar iven tapi ini merupakan upaya mengenakan sejarah melayu di Riau khususnya di Indragiri," jelasnya.

Jadi kata Fahmizal, mereka akan ekspose, promosi pariwisata Riau, yang nantinya juga akan dikirim ke ajang iven nasional seperti pemilihan Putera Puteri Pariwisata, Putera Pariwisata dan Puteri Pariwisata.

"Dua tahun terakhir kita sudah lumayan bisa berbicara di tingkat nasional. Kita, sudah pernah juara dua ajang pemilihan Putera-Puteri Pariwisata, juara satu Putera Pariwisata, dan runer up pemilihan Puteri Pariwisata. Ini positif ya, untuk generasi Riau agar bisa berbicara lebih banyak ke tingkat nasional," pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam acara Grand Final Bujang Dara 2018 ini, didaulat sebagai dewan juri, Dr Rizaldi Putra, MBA, (Motivator), Hj Irma Rachman (ketua Iwapi Riau), Osvian Putra (Ketua Gempa Riau), Al Azhar ketua MKA LAM RiauAstrid (piskolog), Arya (Putra Pariwisata Nusantara) dan Kiagos Irvan faisal dari (Kemenpar). ***