PANGKALAN KERINCI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pelalawan mengambil tindakan dengan adanya temuan limbah mengalir ke Sungai Gondai pada, Minggu (21/10/2018) sore, kemarin.

"Tim DLH sudah turun ke lokasi," ungkap Kabid Penataan dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pelalawan, Tohaji, Senin (22/10/2018).

Dikatakannya, Tim DLH Pelalawan Turun bersama pihak pelapor dalam hal ini masyarakat setempat. Penelusuran dilakukan, untuk mencari asal sumber limbah yang mengalir ke Sungai Gondai.

"Akan ditelusuri sumbernya dari mana, dari pabrik atau dari mana. Hasilnya nanti akan diverifikasi, karena kan di sungai," paparnya saat dikonfirmasi GoRiau.

Diberitakan sebelumnya, warga di Desa Pangkalan Gondai, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau menemukan limbah perusahaan mengalir ke Sungai Gondai.

Air sungai yang jernih berubah menjadi hitam pekat serta beraroma tidak sedap. Informasi yang diperoleh GoRiau dari berbagai sumber, limbah diduga berasal dari kolam penampungan limbah Pabrik Minyak Kelapa Sawit milik PT PSJ.

"Sudah kita lihat langsung, seperti apa kondisinya di lapangan," kata Sekretaris Desa (Sekdes) Pangkalan Gondai, Zariyatno.

Ia bersama warga dan aparat desa lainnya, meninjau langsung kondisi Sungai Gondai yang tiba-tiba berubah warna menjadi hitam pekat.

"Selain berubah warna menjadi hitam pekat, air Sungai Gondai juga beraroma tidak sedap. Bau limbah pabrik," ungkap Sekdes Zariyatno. ***