PEKANBARU - Ruang Kita Festival 2018 di Provinsi Riau mendapat respon positif dari masyarakat. Di mana, iven yang dilaksanakan di Laman Bujang Mat Syam, Bandar Serai Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru tersebut, telah dibuka pada Selasa (18/12/2018) sore tadi.

Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur, Joni Irwan mengatakan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau tersebut. Menurutnya, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai ajang promosi maupun wadah bagi karya-karya dan kreatifitas seniman, pengrajin maupun pelajar.

"Di sini para pelaku seni dikumpulkan untuk memamerkan karya-karyanya. Tentu ini menjadi sebuah wadah yang tepat untuk menarik kunjungan wisata para penikmat seni dan masyarakat pada umumnya," kata Gubri melalui Joni Irwan saat memberikan sambutan pada pembukaan Ruang Kita Festival 2018, Selasa sore.

Menurutnya, kegiatan serupa yang seperti ini juga harus terus didukung dan sering dilaksanakan. Salahsatu tujuannya untuk merangsang kreatifitas para generasi muda.

"Apa lagi antusiasme peserta festival sangat tinggi untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan acara ini, berarti acara seperti ini sangat diminati. Kalau perlu dikembangkan lagi dengan mengundang peserta dari negara tetangga," tuturnya.

Sementara itu, Kadispar Riau, Fahmizal Usman mengatakan, bahwa kegiatan kali ini dikemas sangat spesial. Pasalnya, kegiatan ini diramaikan dan didukung oleh peserta dari lintas etnis. Bahkan selain pameran, akan ada enam penampilan kebudayaan dari suku Melayu, Jawa, Nias, Sunda, Cina yang akan melengkapi kemeriahan acara tersebut.

"Ada sekitar 45 komunitas yang akan meramaikan iven ini. Mulai dari teater, band, pelukis, puisi, macam-macam ada. Sampai pameran bonsai pun ada. Untuk bonsai jumlahnya ada sekitar 97 buah," ucapnya.

Tidak hanya sekedar hiburan, kegiatan yang akan dilaksanakan selama 18-22 Desember 2018 tersebut, juga diisi dengan kegiatan sosial seperti donor darah dan pasar murah. ***