PEKANBARU - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pontianak menjadi tuan rumah Festival Media (Fesmed) VII Tahun 2018 yang akan dipusatkan di Rumah Radang, Pontianak, Kalimantan Barat, tanggal 21–24 September 2018.

Ketua AJI Pekanbaru Firman Agus menyebutkan, AJI Pekanbaru mengutus delegasinya sebanyak lima orang, dan tema stand yang akan ditampilkan yakni ''Land of Diversity''.

''Sesuai dengan tema itu, AJI Pekanbaru bekerja sama dengan Bank Riau Kepri, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau, Pertamina Hulu Energi (PHE) Siak dan PTPN V,'' ungkap Firman.

Ketua Panitia Festival Media 2018 dari AJI Pontianak, Rudi Agus pada Selasa (18/9/2018) menyebutkan, tahun ini merupakan festival yang ketujuhkalinya yang digelar AJI Indonesia dengan menghadirkan peserta para jurnalis se-Indonesia.

''Ada peserta dari 37 AJI dari berbagai kota di Indonesia hadir di acara ini. Bahkan, dari Papua juga memastikan ikut hadir,'' kata Rudi.

Ia menjelaskan, tema yang diangkat dalam festival media kali ini adalah ''Diversity in The Heart of Borneo''. ''Keberagaman itu menjadi kekuatan Indonesia, apalagi dalam situasi politik saat ini, rentan terjadi konflik antarsesama masyarakat,'' ujarnya.

Rudi menambahkan, kegiatan ini juga akan mempertemukan kalangan media, jurnalis dan praktisi media dengan publik. Tujuannya adalah memantau perkembangan media, kebebasan berekspresi serta demokrasi di Indonesia.

AJI Pontianak sebagai penyelenggara telah menyiapkan berbagai rangkaian acara seperti Talkshow ''Generasi Berencana di Era Digital'' dan ''Analisis Pertumbuhan Penduduk terhadap Ruang Terbuka Hijau'', Workshop ''Jurnalis Meliput Wilayah Konflik'', Workshop Video Journalism dan Workshop Creative Writing (Nissan).

Kemudian ada Workshop Safety Journalism, Talkshow ''Gaya Hidup Hijau'', Talkshow ''Jurnalis Meliput Pemilu,'' Teleconference Langsung dari Washington DC, ''Dialog Keberagaman'', Workshop: Hoax Busting and Digital Hygiene, Talkshow Go-Jek Create your own start up and make it excellence, Workshop ''Jurnalisme Lingkungan'', Talkshow ''Melestarikan Keragaman Hayati di Jantung Kalimantan (HoB)'' dan Workshop ''BPJS Ketenagakerjaan: Edukasi Kepesertaan Jaminan Sosial bagi Pekerja''.

Kegiatan lainnya, yaitu Workshop ''Jurnalisme Pemilu dan Agama'' kerja sama AJI-DW Akademie dan Workshop ''Bisnis dan HAM untuk Jurnalis''; kerja sama AJI-INFID.rilis