RENGAT - Bertempat di halaman Kantor Bupati Indragiri Hulu, Bupati Yopi Arianto melepas keberangkatan para tamu Allah itu untuk menunaikan rukun Islam yang kelima, Jumat (20/7/2018).

"Atas nama masyarakat dan Pemkab Inhu, saya ucapkan selamat jalan kepada para jamaah, dan semoga selamat dalam perjalanan, saat menjalankan ibadah hingga kembali pulang ke tanah air," ujar Yopi dalam sambutannya.

Kepada para jamaah, Yopi berpesan agar selalu menjaga kesehatan, kekompakan serta menjaga nama baik bangsa dan daerah.

"Selama menjalankan ibadah, hendaknya jamaah bisa khusuk dan semata-mata ibadah karena Allah semata. Jangan pikirkan apa dan siapa yang ditinggalkan, baik itu anak, istri atau suami, apa lagi harta benda," tuturnya.

Disebutkan Yopi, perjalanan haji ini merupakan rahmat dan barokah dari Allah. Oleh karena itu, jagalah dan gunakanlah dengan baik kesempatan ini, untuk beribadah mengaharap ridho Allah.

"Sekali lagi, atas nama masyarakat dan pemerintah daerah, kami doakan semoga jamaah dapat menjadi haji yang mabrur," tutup Yopi.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Inhu, H Abdul Karim M.Pdi menyampaikan bahwa sebelum bertolak ke tanah suci, JCH Inhu ini akan diinapkan selama satu malam di Pekanbaru dan keesokan harinya akan diterbangkan menuju Batam.

Dikatakannya, keberangkatan rombongan JCH Inhu ini, dibagi dalam dua klorter, yakni klorter 4 sebanyak 214 jamaah dan klorter 8 sebanyak 116 jamaah. Dengan demikian, total JCH Inhu tahun 2018 berjumlah 330 orang.

"Untuk jamaah yang berada pada klorter 4, nantinya akan tergabung bersama JCH asal Kabupaten Bengkalis, sedangkan yang berangkat pada klorter 8, akan tergabung bersama JCH Pekanbaru. Namun, untuk keberangkatan JCH pada klorter 8 ini, akan dilepas pada, Rabu (25/7/2018) mendatang," tutur Abdul Karim.

Masih kata Abdul Karim, dari 330 JCH Inhu itu, jamaah laki-laki berjumlah 142 orang, sementara perempuan berjumlah 188 orang. Berdasarkan kategori umur, JCH tertua berusia 83 tahun atas nama Hadi Purnomo, dan jamaah termuda berusia 31 tahun atas mana Nurung Binti Matte Saide. Kedua jamaah ini berasal dari Kecamatan Batang Cenaku.***