SIAK – Pekarangan belakang rumah Inasari, warga Kampung Tengah, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau mendadak ramai didatangi masyarakat yang penasaran dengan tumbuhnya bunga Bangkai setinggi 50 cm dengan lebar 30 cm.

Bunga Bangkai atau yang biasa disebut bunga Raflesia ini biasanya memang banyak tumbuh di hutan. Begitu langkanya tumbuh dipemukiman penduduk, penampakan bunga Bangkai ini menjadi pusat perhatian warga setempat.

Bahkan dari pihak pemerintah juga turut datang melihat langsung bagaimana bentu bunga yang memiliki bentuk dan bau yang khas dengan bunga lainnya.

"Informasi yang saya terima, bunga bangkai ini baru pertama kali tumbuh dan mekar di daerah Kabupaten Siak, tepatnya di Kampung Tengah Kecamatan Mempura," kata Camat Mempura, OK Rendra Dharma Putra, Rabu (11/7/2018) via telepon seluler.

Bunga bangkai atau bunga rafflesia itu saat ini sudah mekar sempurna dengan warna merah marun. Menurut camat, dari keterangan dinas terkait, panjang bunga tersebut sekitar 1/2 meter. Sementara lebar bunga langka tersebut sekitar 30 Cm.

"Adanya temuan bunga itu menarik perhatian warga setempat. Terbukti hari ini sejumlah warga berbondong-bondong datang melihat bunga langka tersebut. Para pengunjung juga tak lupa mengabadikan bunga itu dengan cara berfoto," imbuhnya lagi. ***