PELALAWAN - Mandi Balimau Sultan menjadi momen pengingat keberadaan Istana Sayap di Kelurahan Pelalawan, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan. Balimau Sultan menjadi tradisi sebelum masuknya bulan Ramadan.

Pada kesempatan acara Balimau Sultan di tepian Sungai Rasau, areal komplek Istana Sayap Pelalawan, Wakil Bupati Pelalawan, H Zardewan mengajak melalui momen ini sebagai pembersihan diri sebelum masuknya bulan Ramadhan 1439 H.

"Tentunya, agar senantiasa kita dapat meningkatkan iman dan ibadah selama bulan suci Ramadhan," ajaknya, Rabu (9/5/2018).

Lanjut Wabup, ia mengungkapkan rasa prihatinannya terhadap kondisi makam para raja Pelalawan yang tidak begitu baik.

"Kedepannya, ini menjadi perhatian bersama untuk perawatan dan pengoptimalan makam para raja yang berada dalam kawasan Istana Sayap," katanya.

Menurut Penghulu Koto Pelalawan, Edi Hanafi mandi Balimau Sultan merupakan tradisi turun temurun sejak kerajaan yang pernah berdiri di Kabupaten Pelalawan. "Balimau Sultan dimulai terlebih dahulu dari daerah lain," tandasnya.

Prosesi mandi balimau diakhiri dengan penyiraman mandi balimau langsung dipimpin Sultan Pelalawan, Assyaidis Syarif Kamaruddin Haroen. ***