BANGKINANG - Data dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kampar, 850 orang Jemaah Calon Haji (JCH) siap melaksanakan ibadah haji pada tahun 1439 H/2018 Masehi ini.

Penerbangannya dengan menggunakan tiga kelompok, yakni kloter 5, kloter 6 dan kloter 18. Penerbangan melalui Embarkasi Batam Kepulauan Riau. Jumlah awal penerbangan sebanyak 851 JCH, karena ada salah seorang JCH Kampar yang tidak dapat berangkat karena berhalangan sakit, yakni Maryani dari Kecamatan Tapung.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Alfian melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Dirhamsyah saat dijumpai di ruangannya, Jumat, (20/7/2018).

Kloter 5 akan diberangkatkan pada tanggal 23 Juli 2018 pada pukul 09.00 wib, dan kloter 6 akan diberangkatkan pada tanggal 25 Juli 2018 pada pukul 09.00 WIB. Keberangkatan JCH Kampar ini dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Arab Saudi

"Sebelum pemberangkatan, panitia pemberangkatan haji akan menyelenggarakan acara seremonial yang diadakan di Embarkasi Batam dan Insyaallah jika tidak ada aral melintang Bupati Kampar Azis Zaenal akan melepas keberangkatan jemaah haji Kampar di Embarkasi Batam," jelas Dirhamsyah.

Lebih lanjut Dirhamsyah, melepas keberangkatan JCH dari Bangkinang menuju Pekanbaru, jadwal keberangkatan JCH Kabupaten Kampar dari Masjid Al-Ihsan Markaz Islami Bangkinang menuju Masjid Agung An-nur Pekanbaru melalui beberapa tahapan, yakni, untuk kloter 05 pada tanggal 22 juli dengan dua (2) Tahapan yakni penerbangan I sebanyak 213 JCH berkumpul pada jam 05.30 Wib, penerbangan ke II sebanyak 214 JCH berkumpul pada jam 05.30 dan penerbangan ke III dengan Jumlah 14 JCH berkumpul pada jam 10.00 wib di Komplek Masjid Al- Ihsan Markaz Islami Bangkinang. Selanjutnya mengikuti proses di Masjid Agung Annur dan dilanjutkan menuju Bandara Sultan Syarief Kasim II Pekanbaru untuk melakukan penerbangan ke Bandara Hang Nadim Batam.

Sedangkan untuk Kloter 06 diberangkatkan dari Masjid Alihsan Markaz Islami Bangkinang menuju Masjid Agung An-Nur Pekanbaru 24 Juli 2018, dengan dua (2) gelombang, yakni gelombang penerbangan I sebanyak 215 JCH berkumpul pada pukul 05.30 Wib di Marlaz Islamy Bangkinang. Sedangkan penerbangan ke II dengan jumlah JCH sebanyak 183 JCH berkumpul pukul 05.30 Wib. Selanjutnya mengikuti Proses di Masjid Agung Annur dan dilanjutkan menuju Bandara Sultan Syarief Kasim II Pekanbaru untuk meakukan penerbangan ke Bandara Hang Nadim Batam.

Sementara untuk Kloter 18 dengan jumlah sebanyak 18 JCH akan diberangkatakan dari bangkinang menuju Pekanbaru pada tanggal 05 Agustus 2018 dan berkumpul pada jam 10.30 wib di Markaz Islami Bangkinang. Selanjutnya mengikuti proses di Masjid Agung Annur dan dilanjutkan menuju Bandara Sultan Syarief Kasim II Pekanbaru untuk meakukan penerbangan ke Bandara Hang Nadim Batam

Dirhamsyah menambahkan, bahwa keberangkatan JCH Kampar pada kloter 05 merupakan seluruhnya JCH Kampar, sedangkan Kloter 06 adalah Kloter gabungan JCH Kampar dan Kota Pekanbaru. Sementara untuk Kloter 18 gabungan JCH Kampar, Rokan Hulu dan Pelalawan.

Dirhamsyah berpesan agar seluru jamaah calon haji agar dapat melihat dan memperhatikan jadwal-jadwal yang telah ditentukan, sehingga tidak ada yang tertinggal ataupun adanya JCH yang tergesa-gesa. "Ikuti jadwal dengan tertib dan tepat waktu. Dan Kepada JCH agar dapat menjaga kesehatan dan stamina agar dapat melaksnakan Ibadah Haji dari awal hingga akhir," pesannya.

Untuk petugas haji Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pemandu Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), ia menghimbau agar dapat melaksanakan tugas yang telah ditentukan. ***