SELATPANJANG - Senin (7/12/2015), Mapolres Kepulauan Meranti akan menggelar apel pergeseran pasukan untuk pengamanan Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2015. Setidaknya ada 230 personil yang terdiri dari personil Mapolres Meranti dan BKO Brimob Polda Riau akan mengamankan jalannya Pilkada di Kota Sagu.

Kata Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, Polres Kepulauan Meranti menurunkan 130 personil. Ditambah dengan 100 personil BKO Brimob Polda Riau.

"Selain itu, ada pasukan cadangan 1 pleton brimob (32 orang, red)," kata Kapolres Kepulauan Meranti, Rabu (2/12/2015).

32 personil itu, tambah laki-laki yang akrab dipanggil Pandra, dilengkapi dengan kemampuan sniper, jihandak, dan penindak rusuh massal. "Apabila terjadi eskalasi keamanan sampai jadi anarkis, sehingga perlu diturun personil, kita akan turunkan penindak kerusuhan massal itu," tambah Pandra.

Untuk operasi pengamanan tahapan kampanye (Pilkada, red) ini digelar selama 101 hari, yang berakhir pada tanggal 5 Desember 2015 (memasuki hari tenang, red). Namun, dari sisa personil 2/3 di Mako Polres Meranti, setidaknya akan diturunkan lagi untuk operasi lilin tanggal 24 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016.

"Operasi lilin digelar agar umat nasrani bisa aman dalam menjalankan ibadah dan natal bersama. Ditambah dengan penyambutan tahun 2016," tambah Pandra.

Pandra juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di Kepulauan Meranti untuk senantiasa meningkatkan koordinasi dengan pihak keamanan. Selain itu, juga diimbau agar sama-sama menjaga keamanan daerah baik menyambut Pilkada, perayaan natal, maupun tahun baru 2016.

"Sama-sama kita menjaga keamanan, agar tidak terjadi tindakan-tindakan yang bisa merugikan warga masyarakat," ujar mantan Ajudan Kapolri Sutanto ini lagi. ***