SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menyampaikan harapan kepada partai politik peserta Pemilu Legislatif 2014 untuk dapat ikut serta mewujudkan masyarakat yang cerdas politik sehingga pemilu kali ini lebih legitimate, sebab masyarakat yang cerdas politik akan berimbas positif terhadap tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu 2014 yang akan meningkat dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya.

Hal tersebut disampaikannya saat melepas rombongan Kirab Karnaval Deklarasi Pemilu Damai di halaman kantor KPUD Kabupaten Siak. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakapolres Siak, Ketua KPUD Siak, Ketua Panwaslu, Kakankesbangpol Kabupaten Siak, serta para pimpinan parpol di Kabupaten Siak.

''Kita ingin pelaksanaan Pemilu ini berlangsung aman, damai, dan legitimate, sebab pemilu ini amat penting bagi kelangsungan bangsa. Angka partisipasi politik kita tahun lalu yang sebesar 74 persen kita harapkan naik untuk tahun ini sehingga pelaksanaan pemilu lebih legitimate,'' harapnya.

Ditambahkan Wabup, untuk menghasilkan pemimpin bangsa yg berkualitas dan baik diawali pemilu berkulitas mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

''Insyaallah pemimpin yang dihasilkan dari Pemilu mendatang berkualitas. Sebab starting poin kampanye yang kita laksanakan pada hari ini insyaallah akan berlangsung baik, kuncinya patuhi regulasi sebagaimana deklarasi yang kita lakukan beberapa waktu lalu di Polres,'' tegasnya.

Pemerintah Daerah menurutnya tetap komitmen bersama seluruh pihak terkait untuk memastikan Pemilu dapat berjalan aman, damai dan sukses.

Sementara itu Ketua KPUD Agus Salim dalam sambutnya mengatakan, Kegiatan Kirab Karnaval Deklarasi Damai yang dilaksanakan Partai Politik ini dilaksanakan serentak diseluruh wilayah se-Indonesia dalam rangka kampanye damai menyongsong Pemilu 2014.

''Di seluruh Indonesia pada hari ini dilaksanakan Kirab Deklarasi Damai yang diikuti 12 partai peserta Pemilu dengan mengikutsertakan 5 unit mobil perpartai,'' jelasnya.

Ditambahkan Agus Salim, KPUD sangat berharap kampanye ini dapat menjadi wahana pendidikan politik bagi masyarakat dan serta menjauhkan provokasi dan anarkis melalui visi dan misi masing partai. Acara ditutup dengan pelepasan rombongan kirab yang diikuti oleh Perwakilan Partai Politik. (rls)