SIAK SRI INDRAPURA, - Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Siak Fauzi Asni, meminta segenap pengurus LPTQ Kabupaten Siak untuk bergerak cepat mempersiapkan kebutuhan akomodasi kafilah dan ofisial, sempena MTQ Provinsi Riau ke-XXXV Tahun 2016 di Kota Pekanbaru yang akan dimulai 9 Oktober 2016 mendatang.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin rapat persiapan pengiriman kafilah Kabupaten Siak di ruang Siak Sri Indrapura Meeting Room Sekretariat Daerah, Rabu (31/8/2016).

Kebutuhan akomodasi tersebut, sebut Fauzi, antara lain meliputi persiapan pemondokan bagi para pengembira dan peserta pawai, tempat dan lokasi pelaksanaan perlombaan, pemondokan kafilah, serta persiapan mengikuti pawai ta'aruf dan hal-hal teknis lainnya.

"Berbagai persiapan telah dilakukan terutama dalam memberikan pelatihan kepada para qari dan qariah. Intinya, kita sudah siap untuk mengikuti MTQ Riau tahun ini di Kota Pekanbaru," katanya.

Kabupaten Siak akan tetap komit memberdayakan putra putri asli daerah, dan tidak akan menempuh jalan pintas untuk mencapai prestasi dengan merekrut qari dan qariah impor. "Kita semua tentunya berharap yang terbaik, karena itu kita support agar qari dan qariah kita nantinya bisa tampil maksimal," jelas Fauzi.

Sekretaris LPTQ Kab Siak Wandi Utama menambahkan, sejauh ini persiapan pembinaan masih berjalan lancar tanpa kendala berarti. Wandi memperkirakan jumlah qari dan qariah yang akan dikirim untuk mengikuti MTQ Riau 2016 berjumlah 37 peserta, ditambah pelatih dan ofisial berjumlah 12 orang. "Untuk pelatihan bagi para qari dan qariah saat ini masih tetap berlangsung, dengan menggunakan jasa pelatih dari tingkat nasional dan provinsi," pungkasnya.

Rapat digelar menindaklanjuti hasil pertemuan sebelumnya antara pemerintah kabupaten dan kota se-Provinsi Riau bersama Panitia MTQ Provinsi Riau di Pekanbaru beberapa hari lalu. Selain dihadiri jajaran pengurus LPTQ Siak, rapat juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak serta pihak-pihak terkait.(nal/rls)