SIAK SRI INDRAPURA - Siak mulai mendapat perhatian pemerintah pusat dalam pengembangbiakan sapi Bali yang merupakan sapi unggul dengan kualitas yang sangat baik. Bahkan, hari ini, Siak berhasil melakukan panen anak sapi Bali (pedet) di Kampong Merangkai Kecamatan Dayun.

Keberhasilan pengembangbiakan sapi Bali di Siak juga disaksikan langsung oleh Direktur Pembibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian Surachman Suwardi, Guru Besar ITB yang juga mantan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Prof. Muladno, Komisi Perbibitan Sapi Gunawan.

Selain itu, acara panen anak sapi Bali hari ini juga dihadiri Kadis Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau Askardiya R Patrianov, Pimpinan Bank Indonesia, Perwakilan Bank Riau Kepri, Bank Mandiri dan Bank BRI, anggota DPRD Siak Maryo, serta sejumlah pimpinan SKPD di lingkup Pemerintahan Siak

''Pembangunan peternakan merupakan salah satu prioritas di Kabupaten Siak. Sejak disahkannya MOU antara Pemerintah Pusat dan Provinsi Riau dalam pembibitan hewan ternak sapi Bali, kita sudah berhasil melakukan pembiakan sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah pusat,'' ujar Kepala Dinas (Kadis) Peternakan Perikanan dan Kelautan Siak, Susilawati pada Panen Pedet - anak sapi - di Kampong Merangkai Kecamatan Dayun. Kamis (15/09/2016).

Dan saat ini, tambahnya, Siak bukan saja tempat pemeliharaan sapi, tapi juga sudah melakukan pengembangbiakan dengan sistem good management practices.

''Kita punya empat kawasan pembibitan sapi Bali yaitu di Kecamatan Dayun, Kerinci Kanan, Lubuk Dalam dan Koto Gasib. Pembibitan ini menghasilkan bibit sapi Bali yang unggul,'' ungkapnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Pembibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian Surachman Suwardi, Guru Besar ITB mantan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Prof. Muladno, Komisi Perbibitan Sapi Gunawan.

Kemudian, Kadis Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau Askardiya R Patrianov, Pimpinan Bank Indonesia, perwakilan Bank Riau Kepri, Bank Mandiri dan Bank BRI, anggota DPRD Siak Maryo, serta Sejumlah Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintahan Siak.***