SIAK SRI INDRAPURA - Kabupaten Siak berhasil merebut gelar juara tingkat provinsi pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIII tingkat Provinsi Riau yang digelar di halaman Gedung Wanita Pekanbaru, Rabu (14/09/2016).

Ketua TP PKK Kabupaten Siak Misnarni Syamsuar mengapresiasi capaian serta prestasi yang diraih para kader PKK di kecamatan maupun di kampung. ''Bersyukur kepada Allah SWT atas apa yang kita capai hari ini, dan saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus PKK kabupaten, kecamatan dan kampung, seluruh kader PKK yang aktif di kampung-kampung dan tak lupa dukungan dari Pemerintah Kabupaten Siak," sebutnya.

''Prestasi ini tentu sangat membanggakan, karena sebagai mitra kerja pemerintah, TP PKK merupakan ujung tombak yang menyentuh langsung para keluarga. Jadi saya berharap para kader PKK benar-benar bisa mengabdikan kepada masyarakat dengan penuh rasa tulus dan ikhlas," ucap istri orang nomor satu di kabupaten Siak.

Dikatakan, apa yang diraih hari ini merupakan kerja keras yang perlu dilanjutkan, Dan yang terpenting adalah 10 program pokok PKK dapat terealisasikan dengan baik.

Sementara itu Kepala BP3AKB Siak Arfan Usman saat dijumpai mengungkapkan rasa bangga dan senang. Ia berharap kedepan harus lebih meningkatkan lagi, paling tidak bisa mempertahankan yang diraih hari ini. Arfan juga mengajak semua pihak untuk lebih giat mensosialisasikan dan mengajak masyarakat menjalankan program keluarga berencana.

Hal yang sama juga diungkapkan Direktur RSUD Tengku Rafian, Ulfa Hanum. Ia mengatakan pada Lomba Promosi dan Konseling Reproduksi (Kespro) Rumah Sakit Kelas C Tingkat Nasional Tahun 2016, Siak meraih juara satu,.

''Alhamdulillah kita juara 1 nasional. Penghargaannya diserahkan beberapa waktu yang lalu pada Harganas XXIII di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) dan bisa mengharumkan nama Provinsi Riau,'' jelas Ulfa.

''Inovasi lain yang telah kami lakukan adalah menjalin kerjasama antara Rumah Sakit dengan BP3AKB tentang pelaksanaan Metode Operasi Wanita (MOA). Metode Operasi Wanita adalah opsi alternatif berupa operasi stelirisasi permanen bagi peserta KB yang memiliki resiko tinggi kehamilan. Di Kabupaten Siak, pelaksanaan MOA umumnya dibiayai Jamkesda serta dilakukan melalui proses konsultasi dan pertimbangan medis berjenjang,'' tambahnya.

Borong Gelar Juara

Beberapa juara lomba yang berhasil dimenangkan kabupaten Siak dalam rangka Harganas ke XXIII Tingkat Provinsi Riau 2016, yakni juara I lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), juara I lomba Keluarga Harmonis. juara I lomba UPPKS, dan juara I Promosi dan Konseling Reproduksi (Kespro) Rumah Sakit Kelas C, juara II lomba PKK KB Kesehatan, Juara II Lomba KB Lestari 10 tahun, Juara II lomba KB Lestari 15 Tahun, Juara III lomba pusat informasi konseling (PIK) Remaja.

Turut hadir pada acara itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri, Ketua DWP Kabupaten Siak Rahimawati Hamzah, pengurus PKK Kabupaten Siak, dan Staf BP3AKB Kabupaten Siak. ***