SIAK SRI INDRAPURA, - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Siak meraih juara dua umum pada lomba masak serba ikan yang ditaja Dinas Perikanan dan kelautan (Diskanlut) Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis (1/9/2016) kemaren.

Dalam perlombaan yang diikuti 11 utusan dari kabupaten/kota se-Provinsi Riau tersebut, Forikan Kabupaten Siak berhasil meraih peringkat pertama untuk kategori menu keluarga, peringkat kedua untuk menu balita, serta harapan dua untuk menu kudapan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua Forikan Provinsi Riau Sisilita Arsyadjuliandi, Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Pembangunan, serta Rektor Universitas Riau Profesor Aras Mulyadi.

"Alhamdulillah Forikan Kabupaten Siak sudah berbuat yang terbaik. Insyaallah, November nanti kita mewakili Riau untuk lomba tingkat nasional di Jakarta. Mudah-mudahan kita bisa memberikan yang terbaik nantinya," kata Ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah Alfedri, didampingi Ketua DWP Kabupaten Siak Rahimawati Hamzah serta pengurus lainnya.

Istri Wakil Bupati Siak ini menuturkan, prestasi diperlombaan masak serba ikan ini, menjadi semacam motivasi bagi kader Forikan di Kabupaten Siak untuk lebih giat lagi mengkampanyekan gemar makan ikan pada masyarakat. Lanjutnya, ikan merupakan bahan makanan yang mudah dicari dipasaran, murah, serta gampang diolah.

"Ikan bisa diolah menjadi berbagai menu masakan mulai makanan ringan, sampai menu makanan sehari-hari. Bentuknya pun bisa jadi sangat menarik bagi anak-anak dan rasanyapun enak," jelasnya.

Kepala Diskanlut Provinsi Riau Tien Mastina mengatakan lomba memasak serba ikan ini memang didesign sebagai kampanye untuk mengajak masyarakat Riau meningkatkan konsumsi makan ikan sehari-hari.

"Ada tiga menu utama yang harus ditampilkan setiap peserta lomba dari masing-masing kabupaten dan kota, diantaranya menu keluarga, kudapan dan menu balita," tutup Tien.(nal/rls)