SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak, Nur Alamsyah mengaku pusing melihat logistik Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) yang akan digelar pada 9 April mendatang. Pasalnya, logistik yang sampai tidak sekaligus.

"Pening, soalnya KPU pusat nyicil ngirimnya," ujar Nur Alamsyah kepada GoRiau.com, Kamis (27/3/2014). Hingga saat ini, logistik yang sudah sampai di KPU Siak sekitar 90 persen.

Logistik yang belum sampai, kata Alamsyah, berupa kekurangan surat suara sekitar 27 ribu dan beberapa formulir. Kekurangan surat suara sudah disampaikan ke KPU Riau. Namun, hingga saat ini belum juga sampai. "Pada 20 Maret kemaren sudah kami sampaikan, katanya dalam waktu dekat ini sampainya," jelas Alamsyah.

Lambatnya pengiriman logisik, berupa formulir tentunya mengganggu kerja KPU Siak. Sebab, dalam minggu ini KPU Siak menargetkan sudah mendistribusikan logistik ke daerah-daerah yang jauh. Seperti desa Teluk Lanus di perbatasan Siak dan Meranti dan Desa Mandi Angin di Minas. "Untuk ke Teluk Lanus, itu menggunakan jalur air. Harus sewa Speedboat. Sekali jalan habis juga jutaan rupiah," katanya.

"Kalau untuk yang masih bisa dijangkau jalur darat, minggu ini kami targetkan formulir C6 dan DPT pendistribusiannya," ulas Alamsyah. Formulir C6 merupakan undangan memilih untuk warga dan ditulis manual oleh KPPS berdasarkan DPT. Selain itu, KPU Siak juga harus mendistribusikan formulir A5, berupa formulir keterangan pindah mencoblos.

"Formulir A5, Pamflet dan Poster DCT yang belum sampai," terang Alamsyah.

Untuk surat suara, lanjut Alamsyah, memang belum waktunya untuk didistribusikan. Sebab, dalam ketentuan, jadwal pengiriman tiga hari menjelang pemungutan surat suara.

Selain logistik yang tidak datang serentak, Alamsyah juga mengeluhkan pemasangan hologram khusus di formulir C3. Formulir tersebut merupakan isian untuk saksi. Sebab, pemasangan hologram tersebut dilakukan secara manual. "Mengapa tak dipasang sewaktu mencetak, seperti membuat uang," katanya.

Walau demikian, ia yakin seluruh anggota sekretariat KPU Siak bisa menyelesaikannya. Sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.(san)