BAGANSIAPIAPI - Setelah sempat menjalani perawatan di Klinik Fatima dan dirujuk ke Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru, akhirnya Misran Rais sang maestro pencipta lagu Hymne dan Mars Rokan Hilir (Rohil), Riau tersebut meninggal dunia, Senin (21/12/2015).

Suasana rumah duka yang ada di Jalan Pahlawan, Bagansiapiapi, mulai ramai oleh pelayat. Warga sekitar mendengar kabar bahwa Misran Rais meninggal dunia pada hari Senin sekitar jam 17.15 WIB.

Salah satu anggota keluarga, Yevi Marearce mengungkapkan, dirinya mengaku tidak mempunyai firasat apa-apa. Namun, dari hari ke hari selama menjalani perawatan, kondisi Misran terus memburuk.  Ini karena faktor usia dan penyakit yang diderita oleh almarhum Misran Rais.

Misran Rais lahir di Bengkalis, 28 Agustus 1928. Dia pernah bergerilya melawan Belanda pada 1945 sampai 1946 menjadi pasukan BKR Batalyon II Resimen IV di Bagansiapiapi. Dirinya tercatat pernah mengecap pendidikan di Government School Tahun 1941 di Bengkalis. Kemudian dia juga pernah menimba ilmu di Tebing Tinggi tahun 1944 sebagai juru rawat (Hei Sei He).

Karena gigih dalam memperjuangkan kemerdekaan,  sehingga dirinya mendapat penghargaan dari pemerintah berupa tanda jasa diantarnya, Pahlawan Perjuangan Gerilya Membela Kemerdekaan Negara, Satya Lencana Peristiwa Aksi Militer Pertama dan Satya Saptamarga.

Tidak hanya itu, dalam tubuhnya mengalir jiwa seni, dia juga berjuang melalui karya musik. Lagu lagu ciptaannya mampu menggugah semangat cinta akan daerah. Misalnya lagu "Hymne dan Mars Rokan Hilir". Ia juga sangat mencintai kampung halamannya sehingga melahirkan karya lagu yang populer diantaranya Balimbuk, Dindung Badindung, Bakayuh, Bagansinembah, Senapelan Payung Sekaki, Siak Sri Indrapura dan deretan lagu lainnya. Karena aktif di bidang seni, sehingga Misran Rais layak mendapatkan penghargaan Anugrah Seni 2001 Seniman Pemangku Negeri (SPN).

Jenazah sang maestro serta pejuang kemerdekaan disalatkan di Mushalla Al Fath Jalan Siak pada Selasa (22/12/2-15). Dia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bakti Bagansiapiapi dengan upacara militer yang dipimpin langsung Inspektur upacara Kapten Arhanud Zainuri dari Danramil Rimba Melintang dan batalion Infantri 132.

Hadir dalam upacara pemakaman, Bupati Rohil, Suyatno, A.MP, Ketua DPRD Rokan Hilir, Nasruddin Hasan, Anggota DPRD Rokan HIlir dan Provinsi Riau serta seluruh veteran, Kepala Dinas dan keluarga besar Almarhum Misran Rais.(amr)