JAKARTA - Ketika seseorang telah menikah, kebutuhan akan kepemilikan rumah sendiri dirasa sangat penting. Harga tanah dan bangunan yang semakin hari harganya kian melonjak menyebabkan semakin sulit membeli rumah secara tunai. Pilihan untuk mengambil kredit rumah adalah salah satu jalan agar rumah impian tetap dapat dimiliki.

Berikut adalah beberapa tips yang disarankan oleh situs KPR terbaik cermati.com untuk mendapatkan manfaat kredit rumah sehingga pengeluaran Anda di masa depan juga dapat dihemat. Tips tersebut antara lain :

1. Memilih pengembang perumahan yang terpercaya

Ketika Anda tertarik untuk membeli suatu rumah atau mungkin perumahan yang baru saja hendak dibangun, maka Anda harus mensurvei lokasi rumah tersebut secara langsung. Cari tahu juga informasi mengenai pengembang yang hendak membangun perumahan tersebut. Kredibilitas suatu pengembang sangat layak Anda cek.

Pasalnya, banyak pengembang nakal yang sering kali menggunakan bahan bangunan yang kualitasnya kurang baik. Suatu rumah yang dibangun dengan bahan bangunan yang rendah kualitasnya akan menjadi kurang kokoh dan mudah rusak. Jika rumah Anda kurang kokoh, maka selang waktu dua hingga tiga tahun, Anda harus merenovasi rumah Anda.

2. Membandingkan harga

Banyaknya promo perumahan yang ditawarkan harus Anda sikapi dengan bijak pula. Bandingkan harga perumahan yang ditawarkan oleh beberapa pengembang. Tanyakan pula jenis-jenis bahan bangunan yang hendak digunakan dalam membangun rumah. Dari jenis bahan bangunan yang digunakan, akan lebih jelas lagi rincian harga yang dapat Anda bandingkan.

3. Mencari tahu fasilitas yang melekat dengan pembelian rumah

Dalam list fasilitas yang disediakan pengembang, semua fasilitas rumah biasanya sudah dijabarkan secara mendetail. Teliti lebih lanjut tentang fasilitas dasar yang sangat penting bagi suatu rumah seperti ketersediaan fasilitas air berupa PDAM atau sumur, aliran listrik, gorong-gorong, saluran pembuangan dan fasilitas lainnya.

Cek pula tentang IMB dan sertifikat rumah yang akan dikeluarkan nantinya berupa sertifikat tanah dan bangunan atau hanya sertifikat hak guna bangun.

4. Memastikan lokasi dan bentuk rumah sesuai dengan cetak biru.

Jika rumah yang ingin Anda beli sudah jadi, pastikan lokasi dan bentuk rumah sesuai dengan cetak biru yang dipaparkan pengembang. Hal ini nantinya akan menghindarkan Anda dari teguran pemerintah yang mungkin akan menertibkan bangunan. Dengan rumah yang sesuai dengan cetak biru dan IMB, maka Anda akan terhindar dari teguran pemerintah.

5 Membayar tanda jadi sesegera mungkin

Dengan segala informasi yang Anda kumpulkan baik dari segi pengembang, harga rumah, fasilitas, dan informasi lainnya telah membuat Anda merasa sangat cocok dengan rumah yang ingin Anda beli, maka segera bayarkan uang tanda jadi sesegera mungkin.

Dengan membayarkan tanda jadi sesegera mungkin, maka Anda akan terhindar dari kenaikan harga. Selain itu, tAnda jadi akan menjamin bahwa rumah incaran Anda tidak akan ditawarkan kepada pembeli yang lain.

6. Membayar uang muka KPR

Setelah yakin ingin membeli rumah dengan sistem kredit, maka yang perlu Anda lakukan adalah segera membayar uang muka KPR. Dalam penentuan KPR, biasanya pengembang akan bekerja sama dengan salah satu bank. Cermati bunga bank yang dipakai dalam kredit KPR, apakah menggunakan bunga flat atau bunga floating yang mengikuti pergerakan suku bunga pasaran.

Anda dapat saja mundur dalam tahap ini dengan resiko tanda jadi Anda akan hangus. Pilihan lainnya adalah Anda dapat pula mengajukan KPR dengan bank pilihan Anda sendiri. Beberapa produk KPR yang populer dengan jangka waktu pencairan yang relatif cepat misalnya seperti KPR Mandiri dari Bank Mandiri atau KPR CIMB Niaga dari Bank CIMB Niaga.

7. Cermati lama masa angsuran cicilan kredit

Jika Anda diberi pilihan untuk memilih berapa jangka waktu yang ingin Anda ambil untuk kredit perumahan, maka yang perlu Anda ketahui adalah semakin lama masa angsuran cicilan Anda, maka harga rumah juga akan semakin mahal meski besarnya cicilan yang Anda bayarkan tiap bulan relatif ringan.

Dan sebaliknya cicilan dengan masa angsuran yang lebih pendek akan terasa lebih tinggi nominal yang Anda bayarkan setiap bulannya. Meski memang jika cicilan diakumulasikan maka harga perumahan Anda akan lebih murah.

Dengan pembelian rumah secara kredit, tanpa terasa Anda akan memiliki rumah meski tidak mempunyai uang tunai ratusan juta rupiah. Selain itu, rumah merupakan sarana investasi yang paling menjanjikan karena harganya akan mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.  ***