PEKANBARU - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau untuk kedua kalinya akan menyelenggarakan Entrepreneurship Award 2018. Kali ini, Provinsi Riau dipilih sebagai tuan rumah dan Universitas Islam Riau (UIR) ditunjuk sebagai tempat pelaksanaannya.

Koordinator Kopertis Wilayah X, Prof Dr H Heri SE, MBA mengatakan bahwa ajang pemberian penghargaan ini sekaligus untuk memotivasi mahasiswa supaya mulai membuka usaha sendiri.

"Negara kita itu memerlukan orang-orang yang berani mengambil resiko melalui wirausaha dengan kreatifitas. Jumlah pengusaha yang ada di Indonesia sendiri hanya tiga persen. Padahal kalau negara mau maju, harus ada 13 persen masyarakatnya yang jadi pengusaha," kata Prof Herri di UIR, Kamis (28/6/2018).

Untuk itu, lanjut Herri, mahasiswa harus dirangsang krearifitas dan minatnya untuk berwirausaha sejak di bangku perkuliahan. Sehingga ketika lulus nanti, sarjana yang baru diwisuda itu tak pusing memikirkan akan kerja di mana.

"Ini juga merupakan salah satu langkah untuk mengatasi jumlah pengangguran di Indonesia, khususnya Riau. Makanya, ayo silakan mendaftar dan sertakan proposal wirausaha yang menarik," ungkapnya.

Ia menerangkan, proses pendaftaran dan penerimaan berkas sudah dibuka mulai 28 Juni - 15 September 2018, tahap desk evalution pada 17-29 September 2018, pengumuman desk evalution pada 8 Oktober 2018, tahap presentasi pada 28 Oktober 2018 dan pengumuman pemenang pada 29 Oktober 2018.

"Di Riau ini ada 250 perguruan tinggi swasta, kalau satu kampus bisa mengirim empat proposal saja sudah seribu peserta. Kami berharap mahasiswa sebanyak-banyaknya yang mendaftar. Hadiahnya sudah disiapkan Rp100 juta," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UIR, Prof Syafrinaldi menyambut baik ide Kopertis Wilayah X melauching entrepreneurship award di Universitas Islam Riau. Kata Rektor, dipilihnya UIR sebagai host merupakan sebuah kehormatan. Juga membuka peluang bagi mahasiswa UIR untuk ikut serta. ''Acara ini jelas membanggakan UIR dan Kopertis Wilayah X. Mudah-mudahan harapan Kopertis lahirnya entrepreurship muda dapat tercapai,'' tegas Prof. Syafrinaldi.

Syafrinaldi mengajak, mahasiswa yang selama ini sambil kuliah telah menekuni usaha atau yang mempunyai plant bisnis, segera daftarkan diri anda ke kegiatan ini. Siapkan proposalnya, ikuti juklak pendaftatannya di web kopertis untuk kemudian dipresentasikan. Lalu dinilai oleh kopertis. ''Mana tahu andalah pemilik Rp100 juta itu,'' kata profesor ini.

Untuk diketahui, acara launching dihadiri Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH, MCL, Ketua Umum YLPI Riau Dr H Nurman MSi, Rektor Universitas Baiturrahmah Padang Pro Dr. I H. Musliar Kasim MS, Rektor Universitas Lancang Kuning Dr Hj Hasnati SH, MH, Wakil Rektor I Dr H Syafhendry, Wakil Rektor II Ir H Asrol, Wakil Rektor III Ir Rosyadi dan Pimpinan serta perwakilan perguruan tinggi swasta di lingkungan Kopertis Wilayah X. Juga ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Pekanbaru. ***