PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksikan, Provinsi Riau berpotensi bakal dilanda thunderstorm, Sabtu (15/10/2016).

Thunderstrom atau awamnya disebut petir/guntur, atau ada juga yang mengatakan badai petir, berpotensi melanda Riau. Tidak hanya di sini saja, fenomena serupa juga berkemungkinan juga terjadi di provinsi lain Sumatera, Sulawesi dan Pulau Jawa.

Data dari BMKG menyebutkan, thunderstorm juga terjadi di Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sulawesi Tengah.

Adapun thunderstorm, merupakan fenomena cuaca akibat adanya loncatan muatan listrik dari awan secara tiba-tiba, yang ditandai dengan adanya kilat dan guntur (berbagai sumber, red).

"Ini biasanya disebabkan dari awan Cumulunimbus (Cb), bisa diiringi hujan yang deras dan angin kencang," ungkap Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin kepada GoRiau.com (GoNews Group, Sabtu siang.

Bahkan menurut dia, fenomena thunderstorm itu juga bisa mencapai daratan (permukaan, red) serta cukup berbahaya untuk penerbangan. "Bisa, tergantung awan Cb-nya ini," sambung Sugarin.

Di Riau, fenomena thunderstorm berpotensi besar terjadi di Kota Pekanbaru. Meski belum ada rincian detil, yang jelas badai guntur itu bisa terjadi sesuai dengan keberadaan awan Cumulunimbus.

"Pekanbaru itu cukup dominan, untuk daerah lain (di Riau, red) tergantung di mana yang ada awan Cb," pungkas Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru tersebut. ***