RENGAT - Meski sudah mengerahkan berbagai upaya termasuk menurunkan satu unit helikopter, namun pemadaman yang menghanguskan belasan hektar lahan kosong milik masyarakat Desa Penyaguan, Kecamatan Batang Gangsal, Indragiri Hulu, Riau masih belum berhasil.

Hingga saat ini, tim gabungan yang terdiri dari KPBD Inhu, Manggala Agni, TNI dan Polri masih berjibaku melakukan pemadaman api yang masih menyala, Jumat (10/8/2018). Namun, karena areal yang terbakar merupakan gambut tebal, api sangat sulit untuk dipadamkan.

"Ini sudah minggu kedua kami melakukan pemadaman, dan berbagai upaya sudah kami lakukan, namun belum membuahkan hasil yang maksimal," kata salah seorang petugas KPBD Inhu, Julisman kepada GoRiau.com.

Dikatakan Julisman, beberapa hari lalu hujan sudah sempat mengguyur areal yang terbakar, lantaran lokasinya gambut tebal sehingga api tidak padam secara menyeluruh.

Kendati demikian, pihaknya tidak akan berhenti untuk melakukan pemadaman. Dan dilain sisi, tim juga berharap dan terus berdoa agar hujan kembali turun di lokasi yang terbakar itu.

"Berbagai upaya sudah kami lakukan dan akan terus kami jalankan. Dan kami juga terus berdoa agar hujan kembali turun sehingga api benar-benar padam," tutup Julisman. ***