PELALAWAN - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) bersama perwakilan masyarakat, Senin (19/3/2018) kemarin, telah menyepakati program-program Community Development (CD) untuk masyarakat Desa Sering, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan.

Dibeberkan Direktur Program Community Development (CD) RAPP, Marzum kesepakatan program tersebut terdiri dari dukungan untuk kelompok nelayan, sumur bor, kesempatan kerja dan program hutan kemasyarakatan.

Hal tersebut terlaksana saat silahturahmi antara RAPP dengan masyarakat desa yang diadakan di Desa Sering.

"Kelompok nelayan desa, kita akan dukung agar kembali aktif dengan berbagai sarana dan perlengkapan. Sedangkan untuk peluang dan tenaga kerja untuk tamatan SMK akan diberikan pelatihan," katanya.

Selain itu, lanjut Marzum, Desa Sering juga akan dibantu dengan bibit pohon untuk program menanam bagi kesejahteraan yang nantinya akan membantu perekonomian warga. "Perusahaan juga akan membantu membangun sumur bor serta progam CD lainnya," papar Marzum.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jumailis mengapresiasi apa yang telah dilakukan perusahaan. Menurutnya, RAPP adalah perusahaan yang cepat tanggap untuk kebutuhan warga desa.

"Kami berterima kasih kepada RAPP karena cepat merespon kebutuhan masyarakat. Inilah bukti dari perusahaan peduli terhadap warga sekitarnya," jelasnya.

Jumailis menambahkan RAPP juga mempunyai peranan penting dalam kemajuan desa, di antaranya memberikan pelatihan dan infrastruktur desa yang sangat bermanfaat untuk warga.

Senada dengan Jumailis, Camat Pelalawan, Djoko Purnomo mengatakan langkah ini merupakan bukti kepedulian perusahaan sehingga tercipta kebersamaan antara kedua belah pihak.

"Dalam hal pemberdayaan masyarakat, kepedulian RAPP cukup menyentuh dan berdampak positif. Baru saja beberapa bulan lalu RAPP memperbaiki jalan Desa Sering. Saat ini jalan itu sudah bisa dilewati warga," ujarnya.

Tindakan RAPP, menurut Djoko bersinergi dengan program pemerintah. Perusahaan turut membantu pembangunan baik infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga dapat memajukan daerah. ***