PEKANBARU - Aksi nyata ditunjukkan oleh sejumlah anggota masyarakat yang tergabung Relawan AYO. Sekitar 50 orang dari barisan pendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno (AYO) itu, melakukan kegiatan goro (gotong royong) yang dipusatkan di KM 9 Jalan Garuda Sakti, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Ahad (15/4/2018).

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, dan berakhir pukul 17.00 WIB, sasaran utama kegatan goro itu adalah pembuatan sebuah jembatan semi-permanen sepanjang sektar 6 meter, dilengkapi dengan pemasangan gorong-gorong.

''Alhamdulillah, sampai sore pengerjaan jembatan dan gorong-gorong itu berhasil dituntaskan,'' kata Buyung Soneta, yang mengkoordinr kegiatan goro itu.

Pembangunan jembatan semi-permanen yang dilengkapi gorong-gorong itu, menurut Buyung Sonete, punya tujuan ganda. Antara lain, sebagai upaya untuk menekan banjir yang sering melanda kawasan itu. Hampir setiap musim penghujan kawasan tersebut direndam banjir, antara lain ditengarai akibat drainase yang tidak lancar.

Tujuan lainnya, imbuh Buyung, untuk memfungsikan lapangan bola voli yang sudah sejak lama dibangun. Masalahnya, karena untuk menuju ke lokasi lapangan bola voli tidak didukung akses berupa jembatan. ''Makanya kami bersepakat membangun jembatan yang dilengkapi dengan gorong-gorong agar kegiatan olahraga boli voli bisa diaktifkan,'' imbuhnya.

Ibarat sekali merengkuh dayung, dua-tiga pulau terlampau, menurut Buyung, pembangunan jembatan tidak sebatas bermanfaat untuk memfungsikan lapangan bola voli.

''Jembatan itu juga menjadi akses penghubung yang sangat bermanfaat bagi warga sekitar,'' kata Buyung, sambil menambahkan sejumlah warga di sana secara spontan mengucapkan terimakasih atas dibangunnya jembatan dimaksud.

Buyung menilai, para relawan AYO cukup bersemangat melakukan goro. ''Sehingga tak terasa goro berlanjut sampai pukul 17.00 WIB,'' kata Buyung.

Mereka juga menyatakan bersedia untuk melakukan kegiatan serupa di sejumlah tempat lainnya. (rls)