PEKANBARU - Generasi muda di Provinsi Riau kembali menorehkan prestasi. Kali ini, dua medali emas dipersembahkan oleh siswa-siswi yang berasal dari SMPN 4 Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu dan SMP Islam As-Shofa Pekanbaru dalam ajang kompetisi Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) SMP tingkat nasional tahun 2016.

"Alhamdulillah, anak-anak kita kembali menorehkan prestasinya di kancah nasional. Kita masuk posisi tiga besar dalam Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR). Ini menandakan kualitas pendidikan kita mulai membaik," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Riau, Kamsol kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Rabu (28/9/2016) malam.

Diketahui, siswa-siswi Riau ini ternyata menjuarai penelitian ilmiah dalam bidang ilmu teknologi dan rekayasa. Yang mana, SMPN 4 Tambusai Utara berhasil meraih emas lewat judul penelitiannya "Keefektifan Desain Aerodinamika Untuk Proses Pengeringan Ikan" yang digawangi Muhammad Ihsandro Giffary, Muhammad Irvan dan Wisnu Wardana.

Sementara itu, SMP Islam As-Shofa turut mempersembahkan emas melalui judul penelitian "Sabuk Terapi Panas Dingin Pereda Nyeri Tubuh" yang dikerjakan oleh Rayhan Narindran Cendikia, Mehdi Bazargan dan Hafidz Mabrur.

"Mudah-mudahan, prestasi anak-anak kita ini dapat menjadi pemicu bagi sekolah-sekolah lainnya dalam menorehkan prestasi," harap Kamsol. ***