PEKANBARU, GORIAU.COM - PTPN V Pekanbaru masuk dalam sepuluh besar BUMN terbaik dalam hal mengumumkan, menyediakan, dan melayani informasi Publik berdasarkan Pemeringkatan Badan Publik 2014. Pengumuman dan pemberian penghargaannya dilaksanakan di Istana Wapres RI, Jumat (12/12/2014).

Piagam penghargaan sendiri diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla melalui Ketua Komisi Informasi Pusat Abdulhamid Dipopramono dan diterima langsung oleh Direktur Utama PTPN V Amal Bakti Pulungan yang didampingi oleh Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan Romadka Purba beserta Kepala Urusan Humas PTPN V Friando Panjaitan.

''Sesuai surat No : 410/KIP/X/2014 tanggal 27/11/14, Komisi Informasi Publik menyelenggarakan Pemeringkatan Badan Publik 2014, dan puji Tuhan kita masuk best ten untuk kategori BUMN,'' ucap Romadka dalam siaran persnya.

Pemeringkatan Badan Publik yang dilakukan oleh KIP tersebut bertujuan untuk menilai kepatuhan Badan Publik dalam menjalankan kewajiban mengumumkan dan menyediakan Informasi Publik serta melayani permohonan informasi sesuai UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

''Pemeringkatan badan publik ini setiap tahun dilakukan untuk menilai badan publik mana yang paling patuh dalam menerapkan peraturan keterbukaan informasi publik,'' jelas Romadka. Memang penilaiannya sendiri diberlakukan kepada badan-badan publik mulai dari instansi pemerintah pusat, daerah, BUMN, BUMD, swasta, hingga perguruan tinggi.

''Ada dua tahap penilaian yang kami lalui, pertama pengisian kuesioner secara mandiri sebagaimana surat yang dikirimkan Perusahaan kepada KIP,'' terangnya.

''Selanjutnya, pada akhir November lalu, kami menerima visitasi perwakilan KIP di Perusahaan untuk melakukan survey secara langsung bagaimana penyelenggaraan PTPN V dalam menyediakan informasi publik,'' bebernya lagi.

Romadka juga menyampaikan rasa bangganya kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi/PPID di Perusahaan dan berpesan untuk dapat meningkatkan pelayanan dalam hal informasi publik.

''Kami merasa bangga atas penghargaan ini, namun pada prinsipnya yang terpenting adalah bagaimana pelayanan dalam pemberian informasi publik dapat terus ditingkatkan, sehingga harapan yang diamanahkan oleh UU KIP dapat bersama kita wujudkan,'' tukasnya.

Dalam penganugrahan tersebut, PTPN V berada di peringkat 9 dari 12 BUMN terbaik dalam kategori badan publik BUMN. Peringkat pertama hingga kedua belas berturut-turut diraih oleh Biofarma, PLN, Taspen, PGN, BNI, Kimia Farma, Jasa Raharja, Inti, PTPN V, RNI, PTPN IV, dan Pegadaian. (rls)