PEKANBARU - Belasan prajurit khusus yang dikenal dengan sebutan Paskhas (Pasukan Khas) dari Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau pamer kemampuan repling di Jalan Gajah Mada, Rabu (26/10/2016) sore.

Repling atau istilahnya terjun dengan menggunakan tali itu melibatkan Helikopter Super Puma milik TNI AU Roesmin Nurjadin. Ruas Jalan Gajah Mada pun sempat ditutup sekitar 15 menit. Bahkan aksi ini sempat mengundang perhatian pengguna jalan.

Helikopter ini juga bertahan cukup lama di udara sampai seluruh prajurit turun. Sedangkan di bawah, prajurit lainnya tampak melakukan penjagaan, agar tidak ada yang ke luar dari zona aman pendaratan pasukan khusus tersebut.

Pamer kemampuan dari para prajurit Paskhas ini, salah satunya dalam menyambut hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober nanti. "Kita kasih semangat kepada semua generasi muda," kata Kadis Ops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kolonel Pnb Yani Amirullah.

"Kalau tadi itu bagian dari salah satu kemampuan Batalyon Komando Paskhas TNI AU Roesmin Nurjadin kita. Dalam aksi repling misi operasi khusus. Nanti juga ada rangkaian kegiatan lainnya yang kita laksanakan," singkatnya.

Meski singkat, kemampuan repling prajurit khusus di tengah perkotaan ini jadi tontonan istimewa masyarakat. Sebab, itu tidak biasa dilakukan, apalagi saat jam-jam sibuk. ***