JAKARTA - Ir H Arsyadjualiandi Rachman atau yang lebih dikenal dengan panggilan Andi Rachman akhirnya resmi menjabat Gubernur Riau setelah Rabu (25/5/2016) sore dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di istana negara.

Arsyadjuliandi merupakan miliarder Riau yang memiliki banyak usaha dengan kekayaan -- sesuai dengan laporan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau - mencapai Rp 132 miliar tunai. Ia adalah putra H Abdul Rachman Syafei dan Hj Asma Hasan asal Minangkabau. Ayahnya merupakan pengusaha transportasi legendaris PO Bus Sinar Riau.

Andi Rachman menamatkan pendidikannya di SMPN 4 Bukittinggi, lalu Andi melanjutkan sekolah lanjutan atasnya di SMAN 1 Bukittinggi, namun kemudian ia menamatkan jenjang SLTA-nya di SMAN 3 Yogyakarta. Andi meneruskan pendidikan tingginya di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta dan meraih gelar MBA di Oklahoma City University, Amerika Serikat.

Di bawah Group Riau Muda, Andi menguasai bisnis transportasi, SPBU, pertambangan, dan perkebunan. Dan selama bergelut di dunia usaha, Andi memimpin berbagai organisasi kewirausahaan, seperti menjadi Ketua Hiswana Migas Riau, Ketua Hipmi Riau, dan Ketua Kadin Riau (wikipedia) dan prestasinya yang cukup gemilang, telah mengantarkannya sebagai wakil ketua Kadin Indonesia pada tahun 2009.

Selain berbisnis, Andi juga aktif di partai politik. Ia bergabung dengan Partai Golkar, dan melalui partai ini ia berhasil menduduki kursi DPR-RI periode 2009-2014. Dalam Pemilukada Riau 2013, ia yang berpasangan dengan Annas Maamun terpilih sebagai wakil gubernur Riau periode 2013-2018, dan resmi dilantik pada tanggal 19 Februari 2014 oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Gamawan Fauzi.

Namun karena Annas Maamun ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK, selama hampir satu tahun, Andi Rachman menjabat sebagai Plt Gubernur Riau, hingga hari ini dilantik oleh Presiden Joko Widodo. ***