PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Riau mengadakan upacara adat Tepuk Tepung Tawar atas bertugasnya salah seorang putra daerah Riau yaitu BrigadirJenderal (Brigjen) TNI H Edy Natar Nasution sebagai Komandan Korem (Danrem) 031 Wirabima.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman yang mewakili Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman mengungkapkan, bahwa tepuk tepung tawar merupakan suatu acara doa selamat dalam kebudayaan Melayu untuk menyambut tamu yang dimuliakan.

"Ini menjadi suatu pengharapan bagi masyarakat, dengan kedatangan putra daerah ini diharapkan bisa membawa Riau lebih maju kedepannya," ungkap Fahmizal saat memberikan sambutannya dalam upacara tepuk tepung tawar di Balai Adat Melayu Riau, Rabu (20/09/2017).

Ia juga berharap, hendaknya apa yang diharapkan masyarakat tentang keamanan dan kemajuan daerah di Riau itu dapat terealisasikan dengan baik oleh Danrem Brigjen TNI Edy Natar Nasution melalui tugas-tugas yang diembannya.

"Harapan yang sangat besar dari masyarakat hendaknya membuat seorang pemimpin lebih memegang amanah dengan baik dan bijaksana dalam memimpin. Semoga lancar selalu," doanya.

Hal senada turut diungkapkan oleh Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Al Azhar, bahwa prosesi tepuk tepung tawar sebagai ungkapan doa terhadap orang yang diamanahkan memangku suatu jabatan di daerah tersebut. Tujuannya agar tugas yang ia jalankan dapat berjalan lancar.

"Dengan diadakannya majelis tepuk tepung tawar ini, akan memberikan kesejukan dan kenyamanan dalam memimpin dengan simbol-simbol tepung tawar," ungkapnya.

Sementara itu, usai menjalani prosesi adat tepuk tepung tawar, Brigjen TNI Edy Natar Nasution tak lupa meminta doa dan dukungan dari masyarakat Riau supaya tugasnya sebagai abdi negara ini berjalan lancar.

"Untuk mengemban amanah tersebut, saya perlu bimbingan dari masyarakat," ucap pria asal Kabupaten Bengkalis, Riau ini. ***