PEKANBARU, GORIAU.COM - Bangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ihsan Boarding School di jalan Pesantren RT 06 RW 06, Desa Kubang Jaya kecamatan Siak Hulu kabupaten Kampar, rata dilalap sijago merah, Selasa (12/5/2015) dinihari tadi. Belasan petak asrama juga hangus menyisakan puing-puing. Dari musibah tersebut, dua orang santri dilaporkan meninggal dunia akibat terbakar.

Menurut informasi yang dihimpun GoRiau.com dari pihak pengurus pondok pesantren, kebakaran tersebut menghanguskan gedung Makkah yang dihuni oleh kelas IX SMPIT. Gedung ini dalam keadaan kosong lantaran para santri tengah melakukan kunjungan edukatif ke Sumbar.

Selain itu, gedung Madinah yang berada tepat di bawah gedung Makkah juga terkena rembesan. Bangunan itu juga dalam keadaan kosong karena para siswa kelas XII sudah pulang ujian. Lalu kebarakan juga menghanguskan gedung Madinah lantai atas, yang terdiri dari dua kamar yang dihuni 34 Santri.

"30 Santri kita pastikan selamat, dua santri izin pulang, sedangkan dua santri lainnya meninggal dunia karena kebakaran ini," ungkap salahseorang pengurus Ponpes, Hadid Suyatno saat dihubungi GoRiau.com.

Sementara itu, informasi dari pihak kepolisian resor (Polres) Kampar mengatakan, bahwa penyebab kebakaran berasal dari ruang tengah (Madinah) yang dalam keadaan kosong. "Yang jelas asal api dari ruang tengah. Sementara penyebab kebakaran masih kita selidiki," kata Humas Polres Kampar, Deni Yusra menjawab GoRiau.com.

Sedangkan identitas dua santri yang meninggal ini, sambungnya, adalah remaja bernama Musa Ali Mulhab (16), dan Arsadi Rabbani (16). "Kedua korban tewas sudah kita bawa ke RS Bhayangkara Polda untuk dilakukan verifikasi. Sedangkan kerugian materi belum bisa ditaksir," tukasnya. (had)