JAKARTA - Laju inflasi yang terus terjadi, serta kebutuhan sekunder yang perlahan menjadi kebutuhan primer menjadikan banyak orang harus berlomba – lomba mencari penghasilan lebih agar dapat memenuhi kebutuhannya. 

Banyak sekali orang yang mengalami kejadian dimana lebih besar pengeluaran dari pada pendapatan, sehingga banyak sekali lembaga multifinance dan juga Bank yang memberikan penawaran peminjaman uang. Bentuk pinjaman yang diberikan juga beragam bisa dalam bentuk pinjaman menggunakan agunan atau jaminan, bisa juga kredit tanpa agunan sehingga Anda tidak perlu memberikan jaminan kepada pihak Bank. Ditambah lagi dengan berbagai kemudahan pengajuan pinjaman uang  / Personal Loan online yang ada sekarang semakin membuat orang yang mengajukan pinjaman dana terus bertambah.

Kemudahan yang dapat diraih dalam hal finansial memang bukan menjadi hal yang tabu, berhutang kesana kemari dirasa cukup lumrah, semua orang setidaknya pernah berhutang meski sedikit saja, tapi perlu diingat berhutang itu adalah jalan keluar saat darurat dan jangan dijadikan kebiasaan

Meskipun kesempatan Anda mendapatkan pinjaman terbuka lebar, Anda juga harus menjadi seorang yang cerdas, di mana Anda akan berlaku sebijak mungkin dalam peminjaman uang, gunakan uang pinjaman sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan, berikut adalah alasan Anda dapat mengajukan peminjaman uang

Alasan–alasan mengapa berhutang dapat membantu kehidupan Anda :

  • Memenuhi kebutuhan pokok : Dalam hal ini Anda harus dapat membedakan mana kebutuhan pokok dengan kebutuhan yang hanya sebatas keinginan saja, jika Anda memiliki gaji yang cukup maka penuhi dulu kebutuhan pokok, jika sudah terpenuhi Anda dapat menggunakan sisanya untuk kebutuhan yang lainnya. Jangan malah terbalik dimana Anda pinjam uang untuk memenuhi kebutuhan pokok sedangkan gaji Anda habis untuk barang-barang sekunder. Tapi jika gaji Anda tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pokok maka Anda boleh berhutang asalkan Anda harus mempertimbangkan bahwa pinjam di Bank atau multifinance membutuhkan persyaratan dan konsistensi pembayaran secara berkala.
  • Sebagai modal usaha : Jika Anda ingin membuka usaha tapi tersandung di modal, maka sah-sah saja berhutang. Untuk pinjaman modal usaha, Anda harus mempertimbangkan laba yang Anda dapatkan dengan bunga cicilan tiap bulan, jangan sampai bunga cicilan Anda lebih besar daripada keuntungan yang Anda dapatkan. Bila Anda memang membutuhkan pinjaman dengan jumlah yang cukup besar, Personal Loan Standard Chartred dari bank Standard Charterd atau Personal Loan ANZ dari bank ANZ mungkin bisa jadi solusi peminjaman Anda.
  • Memenuhi kebutuhan darurat : Kita tidak bisa memprediksi kejadian yang akan terjadi di masa depan apalagi seperti jika ada musibah yang datang tiba-tiba sehingga Anda harus memiliki dana segar untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi.  Maka dari itu banyak sekali lembaga dan Bank yang menyediakan jasa asuransi. Asuransi ini sifatnya adalah salah satu bentuk perencanaan untuk keadaan darurat sehingga dapat digunakan sewaktu dibutuhkan. Asuransi memiliki banyak jenis seperti asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan, kecelakaan dan lainnya.
  • Dana pendidikan : Salah satu bentuk kebutuhan pokok adalah pendidikan. Dengan adanya peningkatan biaya hidup karena laju inflasi maka Anda tidak bisa hanya mengandalkan tabungan konvensional .Karena itu mempersiapkan tabungan dan asuransi pendidikan dinilai lebih efektif daripada tabungan konvensional. Tapi bagaimana jika asuransi Anda tidak cukup atau bisa saja Anda tidak memiliki asuransi ? Alternatif yang dapat Anda pilih adalah mencari pinjaman. Pinjaman tersebut bisa Anda ajukan dalam  bentuk KTA bila Anda memiliki kartu kredit.

Alasan-alasan diatas mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum mengajukan pinjaman atau berhutang. Yang perlu diingat adalah jangan sampai berhutang karena didasarkan pada kebutuhan yang tidak penting dan memberatkan tagihan Anda setiap bulan. Sebelum melakukan permohonan peminjaman uang, Anda harus menghitung bunga dan biaya yang lainnya apakah sudah seimbang dengan pendapatan Anda, pertimbangkan resiko yang akan Anda dapatkan dan bersikaplah bijak dalam segala hal. ***