JAKARTA - Guna meningkatkan promosi wisata dan budaya Riau ditingkat nasional, Badan Penghubung Provinsi Riau melalui UPT Anjungan Riau di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terus menggelar berbagai kegiatan pendukung, salah satunya adalah

Acara tersebut digelar Minggu (01/10/2016) di Anjungan Riau, TMII, Jakarta.

Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau, Doni Aprialdi yang membuka secara langsung acara tersebut dalam sambutannya mengatakan, upaya promosi atau mengenalkandan wisata dan budaya Riau ke masyarakat luas, merupakan bagian dari tugas instansi yang dia pimpin saat ini.

"Kita Badan Penghubung di Jakarta siap dan senantiasa takan terus memperkenalkan serta melestarikan budaya Melayu. Dari mulai lagu maupun tarian khususnya kepada masyarakat di pulau jawa ini," sambutnya.

Dalam mempromosikan dan mengenalkan kekayaan budaya melayu Riau kata dia, harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tanpa mengenal lelah. Dengan tujuan agar budaya melayu tidak hanya sekedar dikenal saja, tetapi sebisa mungkin tertanam dan ada rasa memiliki.

Menurutnya, tidak ada kata terlambat dalam memperkenalkan budaya Riau. "Kita akan terus berkarya dan berbuat agar lagu beserta tari melayu, selalu bergema dan dekat dengan masyarakat di Pulau Jawa, khusunya Jakarta," tukasnya.

Melalui kegiatan yang sifatnya promosi, dia berharap seni budaya melayu khusunya Riau bisa berkembang dan mampu bersaing dikancah nasional sesuai tageline wisata Riau, yakni "Riau The Home Land of Melayu".

Festival lagu dan tari melayu ini rencananya akan digelar selama dua hari berturut-turut. Kegiatan tersebut juga mendapat sambutan hangat dari para peserta yang hadir dari berbagai daerah diluar Riau.

"Dengan kegiatan ini, membuktikan bahwa budaya dan seni Riau sangat diminati oleh masyarakat. Inilah momen yang pas bagi kita untuk terus mempromosikan budaya Lancang kuning," pungkasnya. ***