SIAK - Setelah membuka Rapat Kordinasi Pemerintah Daerah 2017 di Gedung Kesenian Kecamatan Siak yang dengan tandai pemukulan gong oleh Bupati Siak, Drs H Syamsuar menyampaikan harapannya kepada Penghulu di Kampung se Kabupaten Siak khususnya tentang penggunaan dana desa.

Dikatakan Syamsuar, Rakor ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya aparatur daerah, agar berperan sebagai pemimpin yang cerdas dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih.

"Tentunya juga untuk mendukung tercapainya keberhasilan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Kabupaten Siak sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Siak," kata Syamsuar pada Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh Camat, Penghulu, Lurah, Bhabinkamtibmas, Ketua Bapekam dan Ketua LPM, Rabu (22/11/2017).

Masih kata orang nomor 1 di Siak, Tahun 2018, Pemerintah melalui Kementerian Desa telah menerbitkan PERMENDESA Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa, agar penggunaan Dana tersebut tidak hanya terfokus pada bidang Pembangunan atau insfrastruktur.

“Prioritas penggunaan dana Kampung tersebut, antara lain Pengembangan Produk Unggulan Desa (PRUDES)/ Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (PRUKADES), Badan usaha Milik Kampung BUMKAM, Embung Desa, dan Sarana Olah Raga Desa," kata Datuk Setia Amanah itu.

Oleh karena itu sambung bg Syam, Ia harapkan setiap kampung bisa menciptakan sebuah inovasi maupun sebuah produk unggulan ciri khas kampungnya. Seperti contoh Kampung Dosan Kecamatan Pusako, pada tahun 2006 lalu mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional dengan inovasi merevitalisasi Danau Naga Sakti menjadi objek wisata baru di Kabupaten Siak.

“Saya memberikan apresiasi kepada Kampung dan penghulu yang sudah berprestasi. Dan jadikan ini sebagai motivasi bagi Kampung dan penghulu yang ada di Kabupaten Siak agar bisa berinovasi demi memajukan kampungnya," harap Syamsuar. ***