PEKANBARU - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau mendapat bantuan mobil Insenarator dari pusat, yang digunakan untuk memusnahkan barang bukti Narkoba. Alat pemusnah yang dipasangkan pada mobil tersebut juga sudah diuji coba, Kamis (15/2/2018) siang.

Alat baru yang dipasangkan atau dimodifikasi pada mobil besar tersebut bisa diturunkan ke lapangan untuk memusnahkan berbagai jenis Narkoba, mulai dari Sabu-sabu, Ekstasi, Ganja dan lain sebagainya hanya dalam waktu hitungan menit, tanpa perlu repot-repot lagi.

Narkoba yang akan dihancurkan ini cukup dimasukkan ke dalam lubang yang terbuat dari besi baja lalu ditutup rapat. Kemudian tombol dinyalakan dan api bersuhu tinggi akan keluar memenuhi lubang tersebut. Suhunya bahkan mencapai 1.300 derajat Celcius.

Kepala BNNP Riau Brigjen M Wahyu Hidayat didampingi jajarannya melakukan pengujian terhadap alat tersebut, dengan memusnahkan sekitar hampir 1,2 kilogram barang bukti Sabu hasil tangkapan beberapa waktu lalu.

Dalam waktu tak sampai setengah jam, Narkoba bernilai miliaran Rupiah tersebut langsung musnah tak berjejak dari dalam lubang panas ini. "Narkoba ini dibakar di dalam mesin dengan suhu 1.300 derajat. Kemudian hasil pembakaran menguap ke atas melalui cerobong," ulas Kepala BNN Riau.

"Daya tampung untuk satu kali pemusnahan bisa 1 Ton atau 100 kilogram, semua jenis bisa, misalnya Ganja, Sabu dan Ekstasi juga. Untuk Riau ada satu unit diberikan dari BNNP Pusat," lanjut dia didampingi Kabid Pemberantasan AKBP Haldun usai pemusnahan digelar.

Semakin banyak jumlah Narkoba yang dimusnahkan tersebut, maka cerobong tempat uang ke luar akan semakin tinggi posisinya ke atas. "Ketinggian cerobongnya tergantung jumlah barang bukti yang dimusnahkan, sehingga tidak terimbas kepada lingkungan atau orang disekitar," tutupnya. ***