PANGKALANKERINCI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan akan menggelar seminar nasional di Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P) Kawasan Teknopart, Langgam, Kamis (9/8/2018) besok.

Seminar digelar dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Riau ke-61.

Hal ini disampaikan Bupati Pelalawan, HM Harris disela kunjungan peninjauan pelaksanaan di Aula Kampus ST2P, Rabu (8/8/2018).

Dikatakanya, pemateri dari Kampus ST2P, LIPI, BPPT RI, pratisi ilmuwan dari Jepang dan beberapa perusahaan internasional.

“Seminar internasional menunjang 7 program strategis Pemerintah Daerah yakni melalui Pelalawan Inovatif,” ungkapnya. “Masyarakat Pelalawan 75 persen menggantungkan penghasilannya melalui perkebunan kelapa sawit,” imbuh Harris.

Diharapkan, melalui seminar ini petani kebun tidak hanya sebagai pemilik dan pekerja kebun, namun bisa mandiri. Artinya, petani sebagai pemilik kebun mengolah sendiri. “Bahkan bisa melakukan pemasarannya langsung,” harapnya.

Hal itu menjadi harapan Pemerintah Daerah. Masyarakat bisa tumbuh mandiri dengan inovasi serta teknologi tepat guna.

“Karena hasil yang diperoleh bukan saja CPO. Petani kebun bisa mengolah dengan menghasilkan turunan dari sawit, seperti alga, omega bahkan limbahnya bernilai ekonomis,” tandas Harris. ***