SIAK - Komitmen Pemerintah Kabupaten Siak dengan pendidikan memang tak dapat diragukan lagi. Ditengah kesibukannya, orang nomor 1 ini turun langsung melalukan survei lapangan rencana pembangunan 6 kelas, untuk mengganti bangunan sekolah yang sudah kurang baik.

Masyarakat Dusun Mungkal, Desa penyengat dan Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit sangat senang dengan kedatangan Bupati Siak, Drs H Syamsuar ini khususnya di SD Negeri 024 Tanjung Pal, Kecamatan Sungai Apit.

"Melihat sambutan anak-anak dan masyarakat yang begitu hangat, lelah pun rasanya hilang, dan menjadi penambah semangat. Dihadapan mereka, saya berikan motivasi untuk terus menggapai cita-cita setinggi-tingginya," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Rabu (22/11/2017).

Terlebih lagi Pemkab Siak kini sudah menyediakan banyak beasiswa, bahkan sampai keluar negeri. Pemkab Siak membuka kesempatan bagi putra/putri daerah terbaiknya untuk melanjutkan pendidikan jenjang S2 dan S3 di Universitas Chiba Jepang dengan biaya gratis.

"Saat spontan singgah di Mungkal, saya sempat tanyakan pada anak-anak 'Siapo yang mau sekolah ke Jepang?'. Banyak anak-anak yang menunjuk tangan, artinya meski tinggal di kampung, semangat untuk sekolah begitu tinggi," ujar Bupati.

"Sempat dalam hati saya membatin. Cukuplah dulu saya yang merasakan kesulitan untuk merasakan bangku sekolah hingga sampai ke perguruan tinggi. Jangan sampai anak-anak Siak merasakannya di masa kepemimpinan saya jadi Bupati," ucap pemimpin negeri Istana ini.

Menurut Syamsuar, mimpi dan tekad mereka adalah amanah, dan sebagai pemimpin dia bertekad untuk memperjuangkannya semaksimal mungkin. Karena itu pula, selain konsistensi anggaran pendidikan, berbagai peluang yang memberi kesempatan beasiswa untuk anak-anak Siak, selalu menjadi salah satu prioritas program kerjanya.

"Motivasi yang sama juga saya sampaikan kepada masyarakat. Mari bekerja dengan lebih giat lagi. Bagi yang biasanya menggarap hutan dan ke laut, kiranya bisa juga kreatif menanam nenas dan hasil kebun lainnya, untuk mendapat penghasilan tambahan," sebutnya.

"Mari kita terus berbuat sekecil apapun itu untuk kebaikan Negeri. Semoga Allah SWT meridhoi segala niat lurus kita, untuk Siak tercinta dan Riau yang lebih baik lagi," tutur Pak Syam.***