PEKANBARU, GORIAU.COM - Sebagai rasa kekecewaan terhadap pemerintah yang belum memaksimalkan kegiatan pendidikan selama ini, Aliansi Rakyat Riau Berdaulat (Arrib) akan menggelar aksi dan audiensi pada Jumat (2/5/2014) besok, sekaligus bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan tema 'Riau, Terjajah karena Terdidik'.


Ada pun sasaran aksi diantaranya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Dinas Pendidikan Provinsi Riau dan DPRD Provinsi Riau. Aksi sendiri akan digelar mulai pukul 09.00 WIB dan dimulai dari Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, Riau.


Koordinator Aksi, Yusroni Piliang kepada GoRiau.com, Kamis (1/5/2014), menjelaskan bahwa tujuan aksi ini digelar tidak lain adalah menyampaikan aspirasi masyarakat yang selama ini tidak direspon dengan cepat dan tepat.


"Setidaknya ada empat tuntutan yang akan kami layangkan kepada Gubernur Riau, Dinas Pendidikan dan DPRD Provinsi Riau. Dimana masih banyak kegiatan pendidikan yang belum maksimal dan di luar prosedur," kata Yusroni.


Keempat tuntutan tersebut akan mereka sampaikan pada saat aksi digelar. Ditegaskan Yusroni, yang paling menjadi titik berat permasalahan pendidikan saat ini dimana masih banyak pungutan terhadap murid di luar dan dinilai tidak wajar.


"Intinya bagaimana kegiatan pendidikan di Riau mulai dari tingkat sekolah dasa hingga perguruan tinggi bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diamanatkan dalam aturan dan perundang-undangan," ujarnya.(rls)